Analisis Faktor The Organizational Trust Inventory

Handayani, Lidya (2006) Analisis Faktor The Organizational Trust Inventory. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_783_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_783_Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148541

Abstract

Organizational Trust Inventory (OTI) adalah alat ukur yang mengungkap trust, dan dibuat oleh Cumming dan Bromiley. Trust yang dikemukakan oleh Cumming dan Bromiley lebih mengarah pada trust sebagai fenomena institusional, sebagai trust yang terjadi antar kelompok atau unit dalam suatu organisasi. Sekaligus juga mengarah pada gambaran bagaimana terjadinya relasi interpersonal antar anggota kelompok, apakah memperkuat atau memperlemah trust secara organizational. Dalam penjelasannya mengenai Organizational Trust, Cumming and Bromiley menyebutkan adanya tiga dimensi trust, yaitu: (1) keeps commitments, (2) negotiates honestly, dan (3) avoids taking excessive advantage; dimana ketiga dimensi terse but dalam OTI ditinjau juga dari sisi komponen belief, yang terdiri dari (1) affective state, (2) cognition, dan (3) intended behavior. Analisis faktor dalam penelitian ini melibatkan 120 responden dari PT Berlina Tbk. Hasilnya menunjukkan bahwa OTI ini masih terdiri dari tiga dimensi trust (keeps commitment, negotiates honestly, serta avoids taking excessive advantage), dimana masing-masing dimensi masih terbagi lagi dalam tiga komponen belief Namunjumlah itemnya berkurang untuk beberapa faktor. Analisis faktor disini lebih mengarah pada analisis faktor konfirmatori dengan menggunakan SPSS 11 for Windows.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: trust, organizational trust inventory.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:20
Last Modified: 09 Apr 2019 07:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34660

Actions (login required)

View Item View Item