Hubungan Antara Organizational Identification dan Oranizational Trust terhadapt Organizational Commitment pada Karyawan

Framutya Sari, Ni Made Rahayu (2019) Hubungan Antara Organizational Identification dan Oranizational Trust terhadapt Organizational Commitment pada Karyawan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1316_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1316_Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252754

Abstract

Sikap penting yang harus ada pada karyawan untuk menampilkan kontribusi dan performa yang baik pada perusahaan adalah organizational commitment. Memiliki karyawan dengan komitmen yang baik merupakan hal yang penting untuk dipertahankan dalam jangka panjang dan tetap bertahan pada perusahaannya. Organizational commitment memiliki 3 aspek yang berbeda yaitu affective, continuance dan normative. Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan organizational commitment yaitu adanya organizational identification dan organizational trust pada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara organizational identification dan organizational commitment pada aspek affective, continuance dan normative juga hubungan antara organizational trust dengan organizational commitment pada aspek affective, continuance dan normative pada karyawan hotel. Sampel penelitian ini terkumpul sebanyak 84 subjek dari jumlah populasi sebesar 120 orang pada karyawan hotel. Teknik penelitian sampel dilakukan dengan cara insidental yaitu membagikan kuisioner dengan beberapa subjek. Uji hipotesis menggunakan uji sprearman dengan hasil organizational identification berhubungan positif affective dengan nilai sig = 0,025, organizational identification berhubungan positif continuance dengan nilai sig = 0,002, namun organizational identification tidak berhubungan normative nilai sig = 0,136. Sedangkan pada organizational trust berhubungan positif dengan affective dengan nilai sig = 0,001, organizational trust tidak berhubungan continuance dengan nilai sig = 0,552, dan organizational trust berhubungan positif dengan normative dengan sig = 0,001. Hasil penelitian ini menunjukkan jika karyawan bangga dan mempercayai organisasinya maka karyawan akan tetap bertahan dan menampilkan kinerja yang lebih baik pada perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: organizational identification, organizational trust, organizational commitment, affective, continuance, normative.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 May 2019 04:35
Last Modified: 14 May 2019 04:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34779

Actions (login required)

View Item View Item