Pembuatan Aplikasi Pengenalan Kisah Penciptaan dalam Alkitab Berbasis Multimedia

Sugiono, Irene Olivia (2018) Pembuatan Aplikasi Pengenalan Kisah Penciptaan dalam Alkitab Berbasis Multimedia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_353_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_353_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252130

Abstract

Pengenalan firman Tuhan yang ada dalam alkitab kepada anak-anak melalui pengajaran di sekolah maupun sekolah minggu membantu anak-anak untuk mengenal dan membentuk karakter Kristus dalam pribadi mereka. Pengajaran tersebut dapat dilakukan dengan bantuan alat peraga yaitu buku pelajaran yang berisi teks dan gambar yang berbentuk benda-benda ciptaan Tuhan, dan video berisi film animasi. Selain berupa alat peraga, pengajaran dapat dilakukan dengan memberikan aktivitas kepada anak-anak berupa aktivitas yaitu menggambar dan mewarnai di kertas. Teori-teori yang digunakan dalam pembuatan aplikasi yaitu teori tentang kisah penciptaan, alat peraga, aktivitas, papercraft dan pembuatan multimedia interaktif. Sebelum pembuatan aplikasi dilakukan, dilakukan analisis yaitu analisis keadaan saat ini, yaitu analisis perilaku dan cara mengajar, analisis kisah penciptaan, analisis media dan analisis kebutuhan. Dari hasil analisis ditemukan kebutuhan sistem yang diwujudkan dalam sebuah aplikasi yang menyediakan alat peraga yang berbentuk film animasi, dan aktivitas berupa permainan dan papercraft.Awal pembuatan Tugas Akhir ini yaitu dengan mendesain user interface, script, dan storyboard. Aplikasi dibuat dengan menggunakan software Adobe Illustrator CS6 untuk membuat gambar, Adobe Premiere CS6 untuk pembuatan film animasi, dan Adobe Flash CS6 untuk menggabungkan semua elemen –elemen yang sudah disebutkan sebelumnya. Aplikasi sudah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan melakukan wawancara pada murid sekolah dan murid sekolah minggu berumur 7 – 12 tahun, dan pemberian kuisioner pada pengajar sekolah minggu. Hasil uji coba menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena anak dapat merasakan manfaat dari aplikasi ini sebagaisarana pembelajaran firman Tuhan yang menarik. Aplikasi ini telah berhasil dibuat yang berfungsi sebagai salah satu media penyampaian atau alat peraga dan aktivitas untuk pembelajaran firman Tuhan. Aplikasi ini membantu anak-anak agar tidak hanya belajar di sekolah maupun dapat belajar di rumah.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: kisah penciptaan, animasi, papercraft, sekolah minggu, cerita alkitab.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Multimedia
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 17 Jun 2019 01:55
Last Modified: 17 Jun 2019 01:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34860

Actions (login required)

View Item View Item