Pay Secrecy : Studi Kasus Komunikasi Nilai Personal Karyawan dan Manajemen

Elyastanti, Karhisma (2007) Pay Secrecy : Studi Kasus Komunikasi Nilai Personal Karyawan dan Manajemen. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_812_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_812_Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai proses sistem kerahasiaan bayaran (pay secrecy) melalui perspektif manajemen pada bisnis keluarga, dan menjelaskan bagaimana pemaknaan sistem kerahasiaan bayaran (pay secrecy) berikut dengan dinamikanya ditinjau melalui perspektif karyawan. Informan yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah berjumlah lima orang karyawan, dan dua pimpinan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif eksploratif dengan menggunakan tipe penelitian studi kasus. Studi kasus digunakan untuk melihat proses dinamika dan pemaknaan sistem pay secrecy oleh informan secara lebih mendalam disertai penggalian khusus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam, data berupa transkrip wawancara dianalisis dengan memberikan kode yang selanjutnya dimasukkan dalam kategori tertentu. Temuan penelitian menjelaskan bahwa pemaknaan pay secrecy oleh informan pada penelitian ini dipengaruhi oleh faktor budaya Jawa yang merupakan konteks latar belakang budaya penelitian ini. Budaya tersebut mempengaruhi terbentuknya value yang dimiliki oleh informan penelitian (karyawan) dengan pihak manjemen, yang kemudian mendukung terciptanya pemaknaan pay secrecy oleh informan melalui proses shared belief. Pemaknaan tersebut berupa tercapainya nilai-nilai orientasi keluarga oleh informan pada lingkungan pekerjaannya, kemudian membentuk budaya organisasi kekeluargaan dalam perusahaan. Pemaknaan pay secrecy oleh informan didukung dengan adanya faktor kepuasan terhadap pekerjaan, dan konsep diri informan yang kemudian membentuk pemaknaan informan terhadap sistem pay secrecy berupa penilaian kepuasan terhadap kompensasi dan keadilan dalam pemberian kompensasi oleh pihak manajemen.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Budaya Jawa, nilai-nilai orientasi keluarga, kepuasan terhadap pekerjaan, konsep diri informan, dan shared belief.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:13
Last Modified: 01 Jul 2019 03:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34924

Actions (login required)

View Item View Item