RAHMAWATI, NURUSHSHIYAM and PANDJAITAN, LENA N (2020) PENERAPAN METODE MULTISENSORI UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I DI SD X BANGKALAN. Jurnal Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 16 (2). ISSN 1858-4063; EISSN: 2503-0949 (Submitted)
Preview |
PDF (LOA+ABSTRAK NURUSHSHIYAM RAHMAWATI)
LOA+ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (609kB) | Preview |
PDF (LOA+JURNAL NURUSHSHIYAM RAHMAWATI)
LOA+JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan adalah proses belajar membaca di kelas awal, bertujuan mengenal tulisan sebagai lambang atau simbol bahasa untuk menyuarakan tulisan tersebut. Departemen Pendidikan Nasional menyatakan bahwa kelas I SD diharapkan telah mampu membaca lancar teks sederhana dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Kenyataannya, ada siswa belum lancar membaca karena sulit mengingat huruf sehingga tersendat-sendat. Salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan siswa membaca kata adalah metode mengajar. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya, metode multisensori cukup efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Metode multisensori dalam pengajaran literasi adalah sebuah proses belajar yang memanfaatkan sensori visual (penglihatan), auditori (pendengaran), kinestetik-taktil (gerakan, perabaan) untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental. Instrumen penelitian ini menggunakan IRA (Informal Reading Assessment). Hasil penerapan metode multisensori menunjukkan bahwa adanya kenaikan skor dan perubahan kategori lebih tinggi pada aspek pengucapan bunyi huruf dan kata (phonics) serta aspek kelancaran membaca (fluency).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca permulaan; metode multisensori |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Nurushshiyam Rahmawati |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 08:13 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 16:07 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35260 |
Actions (login required)
View Item |