Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains Siswa SMA

Sanjaya, Melly and panjaitan, Lena N. and Yuwanto, Listyo (2021) Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains Siswa SMA. Jurnal Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 17 (1). ISSN 1858-4063; EISSN: 2503-0949 (Submitted)

[thumbnail of Melly Sanjaya_Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Melly Sanjaya_Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of Melly Sanjaya_Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains.pdf] PDF
Melly Sanjaya_Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB)

Abstract

Siswa sering menafsirkan pelajaran sains adalah pelajaran yang lebih sulit dibandingkan dengan pelajaran yang lain dikarenakan pelajaran tersebut membutuhkan usaha belajar yang lebih banyak dan ketika siswa kehilangan keinginannya untuk mengikuti mata pelajaran sains, mereka cenderung mempersepsi kurang memiliki kemampuan di bidang sains, hal ini dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Self efficacy adalah prediktor terkuat dari prestasi akademik, karena self efficacy memengaruhi pilihan perilaku yaitu lebih memilih bidang yang dikuasai, menentukan berapa banyak upaya yang dikerahkan serta memengaruhi pola pikir dan reaksi emosional. Self efficacy dapat ditumbuhkan dan dipelajari. Maka dari itu peran guru sangatlah penting dalam meningkatkan self efficacy siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran self efficacy siswa SMA terhadap pelajaran sains, faktor penyebab siswa SMA sains memiliki self efficacy rendah, usaha apa yang sudah dilakukan dan usaha apa yang belum dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan siswa yang memiliki self efficacy sains rendah. Berdasarkan hasil perolehan data, disusunlah modul untuk guru yang bertujuan untuk meningkatkan self efficacy siswa terhadap pelajaran sains

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:41
Last Modified: 09 Aug 2019 02:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35606

Actions (login required)

View Item View Item