Sanjaya, Melly and panjaitan, Lena N. and Yuwanto, Listyo (2021) Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains Siswa SMA. Jurnal Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 17 (1). ISSN 1858-4063; EISSN: 2503-0949 (Submitted)
Preview |
PDF
Melly Sanjaya_Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (606kB) | Preview |
PDF
Melly Sanjaya_Pengembangan Modul untuk Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Sains.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (663kB) |
Abstract
Siswa sering menafsirkan pelajaran sains adalah pelajaran yang lebih sulit dibandingkan dengan pelajaran yang lain dikarenakan pelajaran tersebut membutuhkan usaha belajar yang lebih banyak dan ketika siswa kehilangan keinginannya untuk mengikuti mata pelajaran sains, mereka cenderung mempersepsi kurang memiliki kemampuan di bidang sains, hal ini dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Self efficacy adalah prediktor terkuat dari prestasi akademik, karena self efficacy memengaruhi pilihan perilaku yaitu lebih memilih bidang yang dikuasai, menentukan berapa banyak upaya yang dikerahkan serta memengaruhi pola pikir dan reaksi emosional. Self efficacy dapat ditumbuhkan dan dipelajari. Maka dari itu peran guru sangatlah penting dalam meningkatkan self efficacy siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran self efficacy siswa SMA terhadap pelajaran sains, faktor penyebab siswa SMA sains memiliki self efficacy rendah, usaha apa yang sudah dilakukan dan usaha apa yang belum dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan siswa yang memiliki self efficacy sains rendah. Berdasarkan hasil perolehan data, disusunlah modul untuk guru yang bertujuan untuk meningkatkan self efficacy siswa terhadap pelajaran sains
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Ester Sri W. 196039 |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 02:41 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 02:41 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35606 |
Actions (login required)
View Item |