Peran Orangtua dalam Melatih Keterampilan Sosial pada Remaja dengan Autisme

Kallista, Maharani Dinda and panjaitan, Lena N. and Kartika, Aniva (2020) Peran Orangtua dalam Melatih Keterampilan Sosial pada Remaja dengan Autisme. Jurnal Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 16 (1). ISSN 1858-4063; EISSN: 2503-0949 (Submitted)

[thumbnail of Maharani Dinda Kallista_Peran Orangtua dalam Melatih Keterampilan Sosial_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Maharani Dinda Kallista_Peran Orangtua dalam Melatih Keterampilan Sosial_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Maharani Dinda Kallista_Peran Orangtua dalam Melatih Keterampilan Sosial.pdf] PDF
Maharani Dinda Kallista_Peran Orangtua dalam Melatih Keterampilan Sosial.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB)

Abstract

Remaja dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) cenderung dikucilkan dan dibully di sekolah karena memiliki keterampilan sosial yang kurang. Padahal keterampilan sosial dapat ditingkatkan, walaupun pada remaja ASD akan memiliki tantangan tertentu. Maka dari itu peran orangtua sangatlah penting dalam meningkatkan keterampilan sosial mereka. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana gambaran keterampilan sosial yang dimiliki oleh remaja ASD, ditinjau dari proses internal yang terdiri dari tiga aspek yakni kesadaran dan pemahaman emosi, theory of mind, dan problem solving serta bagaimana peran orangtua dalam melatih keterampilan sosial pada mereka. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang ibu dari remaja ASD kategori ringan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner terbuka, dan empat alat ukur (Karolinska Directed Emotional Face test, Faux Pas Stories Test, Problem Solving Questionnaire, dan Recognizing and Responding to a Problem Situation Assessment). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orangtua dalam melatih keterampilan sosial pada remaja ASD belum menunjukkan hasil yang optimal, terbukti dengan masih kurangnya keterampilan sosial yang dimiliki oleh remaja ASD dan permasalahan sosial yang mereka hadapi di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, kesadaran dan pemahaman emosi, theory of mind, problem solving, peran orangtua, autisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:50
Last Modified: 09 Aug 2019 02:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35607

Actions (login required)

View Item View Item