Pentingnya Keberadaan Pariwisata dan Industri Kreatif di Indonesia, Serta Strategi Pengembangannya, Periode 2011-2016

Audihusna, Humayra Syahutama (2019) Pentingnya Keberadaan Pariwisata dan Industri Kreatif di Indonesia, Serta Strategi Pengembangannya, Periode 2011-2016. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_1985_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
SP_1985_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252581

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan alam dan buatan yang melimpah. Kekayaan alam tersebut berpotensi dalam mengembangkan sektor pariwisata, dimana industri kreatif memiliki peran penting dalam membantu perkembangan pariwisata. Pariwisata berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), cadangan devisa dan menciptakan lapangan kerja baru berbasis pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat perkembangan pariwisata di Indonesia berdasarkan pada analisis SWOT, kemudian menentukan strategi terkait perkembangan pariwisata Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder, dimana data primer dan data sekunder diambil dari berbagai sumber yang kemudian diolah kembali, antara lain melalui website Badan Pusat Statistik, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Koran Kompas, dan seluruh sumber mengenai pariwisata dan industri kreatif yang dapat diakses melalui internet. Strategi tersebut antara lain: Strategi Kekuatan-Peluang (SO), Strategi Kekuatan-Ancaman (ST), Strategi Kelemahan-Peluang (WO) dan Strategi Kelemahan-Ancaman (WT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pariwisata dan industri kreatif memiliki keterkaitan satu sama lain dan berperan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, sehingga pemerintah maupun swasta dalam pengembangan terhadap keduanya mengupayakan beberapa hal seperti memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur, sarana dan prasarana pada destinasi wisata, juga memelihara adat dan budaya Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Industri Kreatif, Strategi Pengembangan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:49
Last Modified: 26 Aug 2019 02:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35995

Actions (login required)

View Item View Item