Studi Penentuan Key Success Factor dan Competitive Profile Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Sanyoto, Arief (2004) Studi Penentuan Key Success Factor dan Competitive Profile Fakultas Teknik Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2242_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2242_Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135674

Abstract

Dengan banyaknya perguruan tinggi yang ada di Surabaya saat ini, menyebabkan caJon mahasiswa makin selektif dalam memilih universitas yang diinginkan sehingga menyebabkan teJjadinya persaingan antar universitas. Agar dapat bersaing dengan universitas lain, Fakultas Teknik Universitas Surabaya harus mengetahui key success factor untuk menentukan posisi competitive profile yang dapat dijadikan dasar dalam menyusun rencana strategis Fakultas Teknik Universitas Surabaya (F.T UBAY A) sampai dengan tahun 2010. Untuk itu, melalui penelitian ini dapat diketahui variabel-variabel apa saja yang menjadi key success factor suatu universitas menurut stakeholder-stakeholder-nya (caJon mahasiswa, orang tua, mahasisiswa dan dosen/staff administrasi). Key success factor ini selanjutnya digunakan untuk membuat competitive profile F.T UBAY A Dari basil analisis key success factor didapatkan variable-variabel yang menentukan mutulkualitas suatu universitas menurut stakeholeder antara lain dimensi filsilitas dan teknologi (kecukupan jumlah filsilitas, mutu dari filsilitas dan prasarana, dan kolek:si buku), dimensi citra, reputasi dan akreditasi (sertifikat penghargaan, akreditasi universitas, citra, reputasi perguruan tinggi, dan penghargaan dari dalam dan luar negeri), dimensi reputasi akademik (kesesuaian materi kuliah, transparasi dan evaluasi pembelajaran), dimensi kualitas dan mutu dosen ( dosen sesuai Jatar belakang pendidikan), dimensi kualitas lulusan (lama waktu studi, dan skill lulusan), dimensi budaya kampus, iklim akademik dan orientasi (keterlibatan mahasiswa, dan tertanamnoya nilai-nilai professional), dimensi kualitas layanan akademik dan non akademik (prosedur administrasi, pemberian beasiswa, program pencarian lowongan keija, penyaluran bakat dan minat), dimensi manajemen organisasi (manajemen fakultas), dimensi biaya studi (UPP dan USP),dimensi input sourcing dan promotion (sistem dan proses pendaftaran, program jalur prestasi, program pengenalan perguruan tinggi, pilihan jurusan, dan keija sama antara perguruan tinggi dengan SMU), dimensi networking dan internasionalisasi (banyak keija sama dengan pihak luar, keija sama dengan pihak luar negeri, dan program magang mahasiswa), dimensi lingkungan kampus dan sekitamya (lingkungan yang bersih, aman, dan bebas banjir, kondisi gedung dan ruangan), dimensi lokasi dan fasilitas kampus (kenyamanan ruang kuliah, akses transportasi, kondisi jalanan, tempat parker roda dua dan roda empat, dan kondisi WC/toilet). Dari analisis competitive profile matrix diperoleh kekuatan relatif sebesar 20.979 untuk F.T UBAYA, 20.977 untuk F.T UK Petra, 21.099 untuk F.T ITS, dan 20.720 untuk F.T UWM. Setelah didapatkan posisi dan kekuatan relatif masing-masing Fakultas Teknik, kemudian dibandingkan dengan competitive profile matrix yang dibuat oleh F.T UBAYA yaitu 3.650 untuk F.T UBAYA, 3.750 untuk F.T UK Petra, 3.700 untuk F.T ITS dan 3.100 untuk F.T UWM. Di dapatkan perbedaan persepsi posisi kekuatan relatif antara competitive profile menurut stakeholder dan competitive profile menurut F. T UBAYA

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:51
Last Modified: 28 Aug 2019 06:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36030

Actions (login required)

View Item View Item