Pembuatan Aplikasi Game Kumpulan Cerita Rakyat Jawa

Susilo, Patrick (2019) Pembuatan Aplikasi Game Kumpulan Cerita Rakyat Jawa. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_377_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_377_Abstrak.pdf

Download (508kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/253406

Abstract

Indonesia adalah negara penuh keragaman suku bangsa dan budaya. Cerita rakyat adalah salah satu perwujudan budaya negara. Perkembangan jaman menimbulkan kompetisi untuk cerita rakyat Indonesia sebagai hiburan. Pelestarian budaya terus berlanjut sesuai dengan perkembangan jaman. Salah satu cara adalah dengan media game digital. Proyek game ini bertujuan untuk membuat sebuah game yang mampu mengenalkan cerita rakyat dari Jawa. Game ini pemain dapat memberikan sarana hiburan bagi pengguna berupa game yang bernuansa cerita rakyat Jawa. Memperkenalkan cerita rakyat Jawa bagi pemain segala umur, serta menumbuhkan kertertarikan dan wawasan pemain akan cerita rakyat Indonesia, khususnya cerita yang berasal dari Jawa. Cerita-cerita yang muncul di dalam game ini seperti Timun Mas, Si Kancil, Roro Jonggrang. Game ini bergenre action-adventure dimana pemain bergerak-gerak dalam sebuah peta dan memecahkan masalah yang sesuai dengan narasi game. Tiap level dari game bertujuan menceritkan salah satu dari tiga cerita yang dipilih. Cerita disampaikan melalui media video animasi. Media ilustrasi dan musik latar yang mencerminkan budaya Indonesia, terutama budaya Jawa digunakan untuk menampilkan game sesuai dengan temanya untuk mengkomunikasikan berbagai aspek budaya Jawa. Game dibuat dengan memanfaatkan software pembuat game Unity. Menu software didesain agar nyaman digunakan oleh pemain. Berbagai perangkat digunakan dalam proses pembuatan game ini. Media ilustrasi dan gambar dibuat dalam Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Media video dibuat dalam Adobe After Effects dengan memanfaatkan gambar yang telah dibuat. Produk game terakhir disusun semua dalam software Unity menggunakan semua aset yang telah dibuat dan diimplementasikan dengan programming berorientasi objek. Dari hasil uji coba aplikasi disimpulkan bahwa game digital cerita rakyat dapat menghibur dan memberi pengetahuan bagi pemain akan cerita rakyat Jawa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Game, Action-Adventure, Cerita Rakyat, Timun Mas, Si Kancil, Roro Jonggrang
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Multimedia
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Oct 2019 04:03
Last Modified: 04 Oct 2019 04:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36437

Actions (login required)

View Item View Item