TOTAL BENCHMARKING SEBAGAI ALAT MENILAI KEWAJARAN LAPORAN KEUANGAN DAN PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN PADA SEKTOR PERANTARA KEUANGAN

Sarjono, Bayu (2019) TOTAL BENCHMARKING SEBAGAI ALAT MENILAI KEWAJARAN LAPORAN KEUANGAN DAN PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN PADA SEKTOR PERANTARA KEUANGAN. Politeknik Ubaya, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Laporan Akhir Penelitian Poltek Ubaya Final.pdf

Download (1605Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang penggunaan rasio total benchmarking sebagai alat untuk menilai kewajaran laporan keuangan dan pemenuhan kewajiban perpajakan pada sektor keuangan. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah 14 rasio total benchmarking yang meliputi Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Pretax Profit Margin (PPM), Corporate Tax to Turn Over Ratio (CTTOR), Net Profit Margin (NPM), Dividend Payout Ratio (DPR), Rasio PPN (pn), Rasio Gaji/Penjualan (g), Rasio Bunga/Penjualan (b), Rasio Sewa/Penjualan (s), Rasio Penyusutan/Penjualan (py), Rasio Penghasilan Luar Usaha/Penjualan (pl), Rasio Biaya Luar Usaha/Penjualan (bl), Rasio Input Lainnya/Penjualan (x). Penggunaan Sektor Perantara Keuangan dikarenakan sektor ini menjadi penyumbang penerimaan pajak terbesar ketiga selama 5 (lima) tahun terkahir setelah sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan besar dan eceran. Target luaran dalam penelitian ini diharapkan dapat dipublikasikan secara ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi yang memiliki ISSN atau prosiding yang terkait dengan perpajakan. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan perhitungan rasio dan membandingkan dengan benchmark yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Dengan melakukan pembandingan tersebut, diharapkan Direktorat Jenderal Pajak dapat secara sistematis mendeteksi wajib pajak dengan risiko ketidakpatuhan yang tinggi, untuk kemudian dapat dilakukan tindak lanjut yang sesuai.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasitentang pemanfaatan rasio total benchmarking untuk menilai kepatuhan Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya dan memberikan masukan bagi para akademisi di bidang perpajakan untuk terus dapat mengikuti perkembangan peraturan perpajakan sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi mahasiswa sebagai calon Wajib Pajak di masa mendatang.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Total Benchmarking, Kepatuhan Wajib Pajak, Kewajiban perpajakan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Polytechnic > Diploma in Tax Accounting
Depositing User: BAYU SARJONO
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:45
Last Modified: 09 Oct 2019 04:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36463

Actions (login required)

View Item View Item