Hubungan Antara Conscientiousness dan Konformitas dengan Perilaku Disiplin Siswa SMA X di Surabaya

Sundasari, Anggi (2011) Hubungan Antara Conscientiousness dan Konformitas dengan Perilaku Disiplin Siswa SMA X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of S_282_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
S_282_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/225102

Abstract

Pada umumnya, kekurangan yang menonjol dalam pendidikan di Indonesia dan negara berkembang adalah perilaku disiplin. Faktor yang memengaruhi disiplin telah banyak dikaji dalam berbagai teori sehingga perlu diteliti faktor yang memengaruhi disiplin dari sudut pandang siswa di antaranya conscientiousness dan konformitas. Penelitian dengan mengambil sudut pandang siswa diharapkan akan lebih memahami keinginan siswa terkait dengan pembentukan perilaku disiplin. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran serta ingin menguji ada tidaknya hubungan antara conscientiousness dan konformitas dengan perilaku disiplin siswa. Populasi penelitian ini, siswa SMA “X” Surabaya sedangkan sampel penelitian menggunakan siswa kelas XI baik IPA dan IPS yang berusia 15-17 tahun (fase remaja tengah) berjumlah 274 siswa. Teknik pengambilan sampel ádalah purposive sampling. Pengumpulan data conscientiousness, konformitas dan kedisiplinan dikumpulkan dengan menggunakan angket dan data dokumentasi dari sekolah. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik korelasi nonparametic Spearman Rank Order dan uji analisis regresi stepwise. Selain itu, teknik analisis tambahan dilakukan untuk mengetahui hubungan antara masing-masing aspek dari conscientiousness dan konformitas dengan perilaku disiplin. Hasil penelitian, menunjukan bahwa ada hubungan antara conscientiousness dan konformitas dengan perilaku disiplin siswa SMA “X” Surabaya (F = 81.320, p = 0.000). Selanjutnya, terdapat hubungan antara conscientiousness dengan perilaku disiplin (r = 0.363; p = 0.000) dan antara konformitas dengan perilaku disiplin (r = -0.558; p = 0.000). Hasil analisis regresi stepwise, menunjukan bahwa variabel bebas dominan yang memengaruhi perilaku disiplin adalah konformitas dengan (F = 131.305, p = 0.000). Dari hasil penelitian ini, saran yang diajukan adalah pembentukan disiplin melalui kepribadian terutama conscientiousness dapat membentuk kebiasaan disiplin di dalam diri siswa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Conscientiousness, Konformitas, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:33
Last Modified: 11 Dec 2019 04:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36890

Actions (login required)

View Item View Item