Pengaruh Alosentris, Trustor Propensity, Trustworthiness, dan Kualitas Informasi Terhadap Trust Karyawan Medis di Rumah-Sakit Umum Daerah

HARIYANTO, HERU (2018) Pengaruh Alosentris, Trustor Propensity, Trustworthiness, dan Kualitas Informasi Terhadap Trust Karyawan Medis di Rumah-Sakit Umum Daerah. ["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined] thesis, Universitas Airlangga.

[thumbnail of Dis. Psi. 05-18 Har p Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Dis. Psi. 05-18 Har p Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://repository.unair.ac.id/76765/

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh variabel individual (alosentris dan trustor propensity) dan variabel dispositional (trustworthiness dan kualitas informasi) terhadap trust. Trust merupakan isu penting dalam membantu menyelesaikan aktivitas pekerjaan karena kinerja antar karyawan di rumah sakit sangat mengandalkan saling ketergantungan satu sama lain. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah alosentris, dan empat variabel endogen yaitu trustor propensity, trustworthiness, kualitas informasi, serta trust. Trust adalah kesediaan seseorang untuk menjadi ‘rentan/lemah karena bergantung pada orang lain’ yang didasarkan pada harapan bahwa orang lain akan melakukan aktivitas yang sesuai dengan yang diharapkan, tanpa harus dimonitor. Kualitas Informasi adalah persepsi seseorang mengenai informasi yang diberikan oleh orang lain berkaitan dengan ketepatan informasi, ketepatan dalam hal waktu, kemanfaatan informasi, serta kecukupan informasi. Trustworthiness adalah persepsi seseorang terhadap layak tidaknya seseorang untuk dipercaya. Trustor Propensity adalah kecenderungan seseorang untuk mempercayai orang lain, dan alosentris adalah sikap seseorang yang mengutamakan nilai kebersamaan dan tujuan kelompok, saling tergantung, serta menjaga keharmonisan antar anggota kelompok. Penelitian dilakukan di RSUD pada salah satu kota di Jawa Tengah, dengan jumlah subyek sebanyak 239 karyawan medis secara incidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan memakai software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trust dipengaruhi oleh variabel hasil interaksi kerja (trustworthiness dan kualitas informasi), karena penelitian dilakukan dalam konteks kerja sehingga variabel hasil interaksi kerja akan lebih berperan daripada variabel dispositional (alosentris dan trustor propensity). Dalam penelitian ini yang paling penting perannya adalah Kualitas Informasi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined])
Uncontrolled Keywords: alosentris, trustor propensity, trustworthiness, kualitas informasi, trust.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: DONA PUSPITA BIANTARI
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:44
Last Modified: 24 Mar 2021 16:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36973

Actions (login required)

View Item View Item