Pembuatan Configurable Enterpris System Pelaporan Keuangan Perusahaan dengan Rasio Solvabilitas dan Profitabilitas

Maharani, Nyi Ayu Yunita (2019) Pembuatan Configurable Enterpris System Pelaporan Keuangan Perusahaan dengan Rasio Solvabilitas dan Profitabilitas. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_2056_Abstrak.pdf

Download (109Kb) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/256706

Abstract

Kondisi keuangan perusahaan dapat dilihat dalam bentuk laporan keuangan. Rasio adalah alat ukur dari kondisi keuangan yang bersumber dari laporan perusahaan. Namun, jika rasio hanya informasi berbentuk angka. Rasio terbagi menjadi 3 jenis yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Rasio likuiditas adalah rasio yang berfungsi untuk membantu perusahaan dalam menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dapat memenuhi kewajibannya. Rasio solvabilitas adalah rasio yang berfungsi untuk mengukur kekayaan aset Perusahaan dibiayai oleh hutang perusahaan. Rasio profitabilitas adalah rasio yang berfungsi untuk melihat sumber-sumber perolehan keuntungan. Sehingga dengan adanya rasio yang menghasilkan angka, dibutuhkan visualisasi dari jenis rasio yang sama yang telah dihitung dari periode ke periode lain sehingga perusahaan dapat melihat perubahan hasil tersebut. Namun, beberapa perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda dalam membuat laporan keuangan. Sehingga dibutuhkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai keinginan user. Dengan adanya sistem, user dari perusahaan dapat menkonfigurasi sesuai kriteria perusahaan dan melihat kondisi perusahaan berdasarkan rasio solvabilitas dan profitabilitas dalam beberapa periode. Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi dengan menggunakan 3 (tiga) perusahaan yaitu PT Matahari, PT Unilever dan PT Mandom dapat disimpulkan bahwa sistem harus dilakukan konfigurasi pada akun dan pengaturan rasio sehingga dapat menghasilkan laporan sesuai keinginan user.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Laporan keuangan, Rasio, Konfigurasi, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, Kebutuhan berbeda, Periode, Visualisasi, Kriteria.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:06
Last Modified: 14 Jan 2020 03:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37027

Actions (login required)

View Item View Item