Pengaruh Perceived Risk, Perceived Usefulness, dan Positive Emotion terhadap Acceptance Intention pada Layanan Mobile Payment Gopay

Sutanto, Leonardo (2020) Pengaruh Perceived Risk, Perceived Usefulness, dan Positive Emotion terhadap Acceptance Intention pada Layanan Mobile Payment Gopay. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_6406_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_6406_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh resiko yang diterima, kegunaan yang diterima, dan emosi positif terhadap maksud penerimaan pada aplikasi pembayaran seluler GoPay di Indonesia. Penelitian ini memperhatikan konsekuensi pengalaman yang terkait dengan resiko yang diterima, manfaat yang dirasakan, dan emosi positif oleh pengguna layanan pembayaran seluler GoPay. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa resiko yang diterima berpengaruh signifikan negatif terhadap maksud penerimaan, namun kegunaan yang diterima dan emosi positif berpengaruh signifikan positif terhadap maksud penerimaan. Emosi positif mempengaruhi resiko yang diteirma secara signifikan negatif dan mempengaruhi kegunaan yang diterima, namun secara positif signifikan. kegunaan yang diteirma berpengaruh negatif signifikan terhadap resiko yang diterima dari konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari resiko yang dirasakan, manfaat yang dirasakan, dan emosi positif terhadap penerimaan dari layanan pembayaran seluler GoPay. Data dikumpulkan dengan menggunakan google form yang dibagikan secara online dan offline yang kemudian diolah menggunakan SPSS dan AMOS. Terdapat beberapa hasil dari penelitian ini seperti pengaruh negatif dari resiko yang dirasakan oleh konsumen terhadap niat penerimaan layanan tersebut, namun manfaat yang dirasakan dan emosi positif yang didapatkan dari penggunaan GoPay memberikan dampak positif terhadap maksud penerimaan layanan GoPay bagi konsumen. Selain mempengaruhi maksud penerimaan konsumen secara langsung, emosi positif juga mempengaruhi pertimbangan konsumen terhadap resiko dan manfaat yang dirasakan konsumen dari penggunaan GoPay. Manfaat yang dirasakan oleh konsumen akan mengurangi tingkat resiko yang dirasakan oleh konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Intensi Penerimaan, Pembayaran Seluler, dan GoPay
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Oct 2020 08:42
Last Modified: 27 Oct 2020 08:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38323

Actions (login required)

View Item View Item