Hubungan Iklim Kelas dan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Damayanti, Apriliana Tri (2020) Hubungan Iklim Kelas dan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_531_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_531_Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259386

Abstract

Di era modern ini mahasiswa dituntut untuk dapat bersaing terutama setelah lulus dari perguruan tinggi dan memasuki dunia kerja. Untuk dapat bersaing, mahasiswa tidak hanya membutuhkan keahlian saja, tetapi juga perlu memperkaya ilmu pengetahuan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkaya ilmu pengetahuan adalah dengan meningkatkan kualitas proses belajar di perguruan tinggi. Proses belajar yang baik dapat diperoleh dengan menarik motivasi belajar pada diri mahasiswa. Motivasi belajar penting dimiliki oleh setiap mahasiswa guna mencapai tujuan pembelajaran..Namun, tidak semua mahasiswa memiliki motivasi belajar yang maksimal dalam proses belajar di perguruan tinggi. Banyak faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa, salah satunya adalah iklim kelas yang kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara iklim kelas dan motivasi belajar. Partisipan pada penelitian ini adalah 261 mahasiswa aktif angkatan tahun 2017, 2018 dan 2019 yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Data diperoleh menggunakan angket tertutup berupa skala dari motivasi belajar dan iklim kelas serta pertanyaan terbuka yang menggali faktor-faktor lain yang memengaruhi motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Spearman’s rho. Analisis data menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara iklim kelas dan motivasi belajar, dengan r = 0.391 dan p = 0.001 (p < 0.05), sehingga hipotesis dapat diterima. Dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa tingkatan usia memengaruhi motivasi belajar. Saran yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah dosen diharapkan dapat mempertahankan iklim kelas yang kondusif dan mahasiswa diharapkan dapat memerhatikan penjelasan dari dosen saat pembelajaran berlangsung. Untuk peneliti selanjutnya, dapat meneliti faktor-faktor lainnya seperti kematangan usia, keyakinan akan kemampuan, dan dampak motivasi belajar dalam proses belajar.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Iklim Kelas, Motivasi Belajar, Proses Pembelajaran, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 Oct 2020 07:20
Last Modified: 28 Oct 2020 07:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38345

Actions (login required)

View Item View Item