Penerapan Cognitive Behavioral Play Therapy dalam Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Cerdas Istimewa (Gifted Children)

Njotomulio, Ariestya Magdalena (2020) Penerapan Cognitive Behavioral Play Therapy dalam Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Cerdas Istimewa (Gifted Children). Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_522_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_522_Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259068

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kondisi kecerdasan emosi pada anak cerdas istimewa (CI). Karakteristik anak CI yang menonjol pada kompleksitas kognitif membuat anak CI memiliki respon emosional yang lebih kaya dan lebih mendalam sehingga cenderung memunculkan reaksi atau respon yang berbeda, dimana berpotensi menghambat relasi sosialnya. Kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya perkembangan kognitif yang tidak diikuti dengan perkembangan emosional yang baik, bahkan cenderung rapuh. Oleh karena itu, pengembangan kecerdasan emosi pada anak CI menjadi sangat penting. Dalam penelitian ini, upaya pengembangan kecerdasan emosi dilakukan melalui penerapan program Cognitive Behavioral Play Therapy (CBPT) sehingga penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas CBPT dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak CI. Penelitian ini merupakan penelitian single case experiment tipe A-B karena hanya menggunakan subjek dalam jumlah yang sedikit sehingga analisis dilakukan secara individual. Peneliti menggunakan dua orang partisipan yang memiliki karakteristik anak CI, berusia 6-8 tahun, dengan skor kecerdasan emosi yang tergolong rendah atau sangat rendah, dan/atau memiliki lebih dari satu aspek kecerdasan emosi yang tergolong rendah atau sangat rendah, berdasarkan skala Emotional Quotient Inventory Youth Version Short Form (EQ-i:YV short form), serta teridentifikasi adanya keyakinan atau pemikiran yang kurang adaptif yang mempengaruhi ketidakseimbangan emosi serta ekspresi emosi pada perilakunya. Partisipan pertama, memperoleh diagnosis sebagai anak CI berdasarkan diagnosis yang dilakukan oleh peneliti di bawah supervisi pembimbing, sedangkan partisipan kedua, telah memperoleh diagnosa sebagai anak CI dari hasil tes psikologi di sebuah biro psikologi sebelumnya. Penerapan CBPT dilakukan selama 6 sesi yang dilakukan setiap hari secara berturut-turut pada masing-masing partisipan. Setiap sesi berdurasi kurang lebih 60-90 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CBPT efektif dalam mengembangkan kecerdasan emosi pada anak CI. Terdapat tiga kekuatan CBPT yang tidak diperoleh pada metode intervensi lainnya, yaitu modeling, bermain peran, dan terapi bermain terstruktur, dimana di dalamnya mengandung teknik exposure yang berperan penting dalam mengatasi ingatan akan pengalaman negatif yang mempengaruhi emosi anak. Adanya kerjasama dari pihak orangtua dalam memfasilitasi anak untuk berlatih menggeneralisasikan apa yang sudah diperoleh dalam proses intervensi dalam kehidupan sehari-hari terbukti mampu memperpanjang ekfetivitas CBPT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anak cerdas istimewa, Cognitive behavioral play therapy, Kecerdasan emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:06
Last Modified: 19 Nov 2020 07:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38525

Actions (login required)

View Item View Item