Perancangan Koleksi City-Wear for Women, Men dan Kids dan Produk Lifestyle untuk Season Spring/Summer 2021 dari Inspirasi Lukisan Alphonse Mucha dengan Gaya Art Nouveau

Haq, Mawaddatul (2020) Perancangan Koleksi City-Wear for Women, Men dan Kids dan Produk Lifestyle untuk Season Spring/Summer 2021 dari Inspirasi Lukisan Alphonse Mucha dengan Gaya Art Nouveau. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of DFP_82_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
DFP_82_Abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259637

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merancang busana modest dengan style citywear berdasarkan dari trend forecasting WGSN pada season Spring/Summer 2021 bertemakan Homespun “Good design grows better with age”. Trend forecast tersebut dilatar belakangi adanya sebuah emosi yang menekankan pada pola pikir, kesiagaan dan kesediaan batin sehingga dengan adanya perubahan zaman modern terjadi perkembangan desain modern juga yang secara hakikat tidak terlepas dari pola pikir dan emosi, maka dari itu para seniman menyatukan rasionalisme, sebuah rasa dan pengolahan emosi pada wujud karya dengan keterampilan tinggi. Hal ini menjadi satu kekuatan untuk terciptanya sebuah gerakan Art Nouveau muncul di Eropa pada awal tahun 1890-an yang bersifat rasional, karena Art Nouveau lebih menitikberatkan pada konsep pemahaman kehidupan modern dan metode produksi, salah satunya adalah karya Alphonse Mucha yang melukiskan dengan emosional berupa sosok wanita yang cantik dan feminim. Di dukung dengan hasil tinjauan pustaka yang memiliki Stilasi dan deformasi berbentuk sulur dan bunga akan diaplikasikan ke dalam busana sebagai textile manipulation berupa embroidery, hand embroidery, crochet dan dyeing. Koleksi ini terdiri dari 20 desain menswear, 20 desain womenswear, 20 kidswear serta 15 product lifestyle. Dari 60 desain tersebut akan direalisasikan 5 looks yaitu tiga womenswear, satu menswear dan satu kidswear yang akan dikemas oleh sebuah brand “Marjolié” dengan judul koleksi Lés Fleurs. Proses produksi dalam merealisasikan koleksi Marjolié ini dimulai dari penjabaran secara terperinci mengenai perhitungan desain garment yang akan direalisasikan, perancangan launching produk ke publik melalui media promosi berupa undangan, katalog & lookbook, poster serta media sosial.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Spring/Summer 2021, Homespun, Pola pikir, Wanita cantik, Feminim
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:51
Last Modified: 25 Nov 2020 06:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38549

Actions (login required)

View Item View Item