Pengembangan Modul Stimulasi Empati Anak

Oktasari , Reny Firsty (2020) Pengembangan Modul Stimulasi Empati Anak. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_530_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_530_Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260194

Abstract

Empati merupakan salah satu keterampilan sosial yang penting dimiliki oleh anak usia dini. Guru sebagai orang dewasa yang mendampingi anak ketika berinteraksi bersama teman sebaya memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan empati anak. Hasil survey awal menunjukkan bahwa dalam upayanya mengembangkan kemampuan empati anak, guru cenderung mengarahkan tindakan anak dalam merespon kondisi emosi temannya melalui tuntutan lingkungan seperti perilaku baik atau buruk, benar atau salah. Hal ini menjadikan anak kehilangan kesempatan untuk belajar mengembangkan kemampuannya dalam mengenali dan memahami kondisi emosi orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru terkait stimulasi empati melalui modul sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan empati anak. Partisipan pada penelitian ini adalah lima orang guru TK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil dari pengumpulan data, dapat diketahui bahwa guru belum mengembangkan kemampuan empati anak melalui perspective taking dan empati afektif. Hasil penelitian berupa modul yang disusun dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru mengenai stimulasi kemampuan empati anak melalui perspective taking dan empati afektif. Modul berisi materi yang membahas tentang kemampuan empati anak, perspective taking, empati afektif dan peran guru dalam stimulasi empati anak. Modul ini telah dinilai oleh tiga pakar dan lima guru TK. Hasil penilaian terhadap modul menunjukkan bahwa modul ini dinilai bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan tentang stimulasi empati anak melalui perspective taking dan empati afektif. Selain itu, melalui materi, latihan dan refleksi yang ada pada modul ini, guru mendapat kesempatan untuk mengevaluasi praktik pengembangan kemampuan empati anak yang telah dilakukan selama ini. Modul stimulasi empati ini berfokus pada anak usia empat hingga enam tahun saja, sehingga modul ini menjadi kurang relevan ketika diterapkan pada anak dengan usia yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, modul, peran guru, stimulasi empati
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:00
Last Modified: 01 Mar 2021 04:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38992

Actions (login required)

View Item View Item