Sugiarti, Yenny and Sari, Yenny and Hadiyat, Mochammad Arbi (2020) Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sambal Di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (2). pp. 298-309. ISSN 2620-844X
Preview |
PDF
09 Peranan e-commerce Kumawula 2020.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah harus memiliki daya saing supaya tetap bertahan. Salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing adalah menggunakan media pemasaran yang tepat yang menggabungkan antara media pemasaran offline (konvensional) dan online. Media pemasaran yang dimiliki oleh Usaha Mikro Kecil Menengah DEDE SATOE sebelumnya masih konvensional yaitu dilakukan secara offline, sehingga pertumbuhan pasarnya juga sangat lambat. Tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah betujuan membantu DEDE SATOE melengkapi media promosinya dengan media promosi online untuk memperluas pangsa pasar serta mempercepat pertumbuhannya. Tahap yang dilakukan adalah analisis e-commerce platform, pendaftaran, pelatihan dan pendampingan penggunaan e-commerce platform, serta dilakukan pemantauan dan rekapitulasi hasil penjualan melalui e-commerce platform tersebut. Hasil yang diperoleh adalah jumlah transaksi dan jumlah produk yang terjual di 5 online platform yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli mengalami peningkatan signifikan dari periode Juli-Desember 2019 ke Januari-Mei 2020. Di masa datang UMKM harus lebih fokus untuk mengelola penjualan melalui e-commerce platform supaya lebih optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pemasaran; e-commerce platform; promosi; Usaha Mikro Kecil dan Menengah |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Yenny Sari 61147 |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 07:41 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 16:34 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39011 |
Actions (login required)
View Item |