PERBAIKAN FASILITAS KERJA PADA PROSES FINISHING YANG ERGONOMIS DI INDUSTRI RUMAHTANGGA PLASTIK HASTA CIPTA INDOPLAST SURABAYA

Samudro, Bambang Tjitro and Gautama, Budi Santoso and Wicaksono, Heru (2006) PERBAIKAN FASILITAS KERJA PADA PROSES FINISHING YANG ERGONOMIS DI INDUSTRI RUMAHTANGGA PLASTIK HASTA CIPTA INDOPLAST SURABAYA. In: Prosiding Seminar Nasional Ergonomi 2006 : Pendekatan Ergonomi Makro untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi., 21-22 Nopember 2006, Jakarta.

[img]
Preview
PDF
Samudro_Perbaikan Fasilitas Kerja_Abstract_2006.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img] PDF
Samudro_Perbaikan Fasilitas Kerja_2006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (694Kb) | Request a copy
[img]
Preview
PDF
Samudro_Perbaikan Fasilitas Kerja_References_2006.pdf

Download (81Kb) | Preview

Abstract

Industri rumah tangga Hasta Cipta Indoplat adalah suatu industri rumah tangga yang bergerak dibidang pencetakan barang terbuat dari plastik. Proses produksi yang ada di industri rumah tangga ini masih bersifat manual, sehingga produktivitas tenaga kerja turut berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan diantaranya adalah produk botol lem kerta dengan label merek OCR. Berdasarkan hasil pengamatan awal dan wawancara diketahui adanya beberapa masalah yang terjadi di industri rumah tanggaini, yaitu fasilitas kerja yang tidak ergonomis dibagian finishing botol lem OCR yang meliputi operasi pemotongan rework dan operasi penghitungan serta pengemasan yang dapat mengakibatkan terjadinya kelelahan dan rasasakit pada bagian anggota tubuh tertentu dari pekerja dibagian tersebut. Selain itu masalah lainyang ada di industri rumah tangga ini adalah adanya metode kerja yang tidak efektif pada operasi penghitungan botol yaitu pekerja seringkali melakukan perhitungan botol yang telah dipotong secara manual sehingga waktu kerja pekerja kurang efektif dalam menghasilkan botol yang telah difinishing. Sebelum melakukan perangcangan fasilitas kerja yang baru, dilakukan penilaian postur tubuh pekerja dengan metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment) digunakan sebagai landasan apakah fasilitassuatu perusahaan perlu dilakukan perbaikan atau tidak, dan memberikan kuesioner nordic body map untuk mengetahui bagian-bagian tubuh yang sakit. Penilaian postur dengan metode RULA yang dilakukan menghasilkan grand score 7 yang termasuk pada level 4 yang berarti perlu segera dilakukan investigasi dalam perbaikan fasilitas kerja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Ergonomis, Finishing botol lem, Metode RULA (Rapid Limb Assessment)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 24 Apr 2012 02:21
Last Modified: 24 Apr 2012 02:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item