Pentingnya Keunggulan Teknologi dan Efisiensi Biaya dalam Keberhasilan Aliansi Strategis dengan Kompetitor (Studi Kasus Perusahaan Toyota dan Suzuki Periode 2015-2019)

Setiadi, Gabrielle Vania (2020) Pentingnya Keunggulan Teknologi dan Efisiensi Biaya dalam Keberhasilan Aliansi Strategis dengan Kompetitor (Studi Kasus Perusahaan Toyota dan Suzuki Periode 2015-2019). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_2161_Abstrak.pdf] PDF
SP_2161_Abstrak.pdf

Download (36kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260283

Abstract

Seiring dengan perkembangan perekonomian global, setiap perusahaan yang menjalankan bisnis memungkinkan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan kompetitornya. Hubungan kerja sama tersebut dapat berupa pembentukan aliansi strategis. Aliansi strategis merupakan kesepakatan antara dua atau lebih perusahaan untuk bekerja sama dan berbagi sumber daya untuk kepentingan bersama. Toyota dan Suzuki merupakan dua perusahaan otomotif yang saling berkompetisi namun juga memutuskan untuk saling bekerja sama membentuk aliansi strategis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjabarkan tentang bagaimana kondisi Toyota dan Suzuki pada saat sebelum dan sesudah melakukan aliansi strategis. Selain itu, peneliti melakukan analisis ekonomi pada studi kasus yang diteliti. Berdasarkan hasil penjabaran ditemukan bahwa ada keunggulan utama yang diperoleh kedua perusahaan, yaitu keunggulan dalam hal teknologi dan efisiensi biaya, dimana Toyota dan Suzuki saling berbagi teknologi yang mereka punya. Toyota berkontribusi dalam hal powertrain listrik dan Suzuki berkontribusi pada mesin untuk mobil kecil. Dengan berbagi teknologi, biaya yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan menjadi berkurang. Dari keunggulan teknologi dan efisiensi biaya tersebut, kedua perusahaan berhasil mencapai keunggulan kompetitif.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Aliansi Strategis, Keunggulan Teknologi, Efisiensi Biaya, Keunggulan Kompetitif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:28
Last Modified: 09 Apr 2021 06:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39215

Actions (login required)

View Item View Item