Narsisme dan Harga Diri dengan Presentasi Diri pada Pengguna Instagram Usia Dewasa Awal

Iswayuni, Iin (2020) Narsisme dan Harga Diri dengan Presentasi Diri pada Pengguna Instagram Usia Dewasa Awal. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of K_937_Abstrak.pdf] PDF
K_937_Abstrak.pdf

Download (121kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260522

Abstract

Salah satu media sosial yang berkembang pesat saat ini adalah instagram. Mayoritas pengguna instagram mengunggah konten 3-4 kali sehari baik dalam memberikan like foto maupun komentar. Membagikan foto secara online melalui media sosial menjadi bagian penting pengguna media sosial dalam hal memposting diri sendiri atau dengan orang lain. Hal ini merupakan bentuk individu dalam mempresentasikan dan menampilkan dirinya di dalam media sosialn instagram. Faktor internal yang dapat mempengaruhi individu dalam mempresentasikan dirinya yaitu narsisme dan harga diri. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah menguji hubungan antara narsisme dan harga diri dengan presentasi diri pada pengguna instagram usia dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional yang mengambil 250 subjek penelitian yaitu mahasiswa/i Universitas Surabaya yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2019, 40 laki-laki dan 210 perempuan yang berada pada rentang usia 18-25 tahun. Alat ukur yang digunakan pada variabel narsistik adalah NPI 16 dari Ames, Rose, dan Anderson (2006) yang merupakan pengembangan dari alat ukur NPI 40 dari Raskin dan Terry (1998). Harga diri diukur menggunakan Rosenberg Self Esteem (RSE) 1989. Presentasi diri diukur menggunakan Disclosure Scale dari Wheeless, 1978. Hasil penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara narsisme dengan presentasi diri pada pengguna instagram. Selain itu, ditemukan bahwa ada hubungan antara harga diri dengan presentasi diri pada pengguna instagram. Hasil analisis korelasi ini menggunakan Spearman’s Rho dengan masing-masing nilai koefisien korelasi sebesar r=0,224 dan p=0,000 (<0,05) untuk narsisme dengan presentasi diri dan r=0,291 dan p=0,000 (<0,05) untuk harga diri dengan presentasi diri sehingga hipotesis penelitian ini positif dan diterima. Dengan demikian, maka perlu adanya pemahaman yang terkait dengan presentasi diri untuk menghindari penggunaan media sosial yang berlebihan sehingga dapat meminimalisir sikap narsis dan bentuk evaluasi diri untuk meningkatkan harga diri.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: narsisme, harga diri, presentasi diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: DONA PUSPITA BIANTARI
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:07
Last Modified: 14 Apr 2021 03:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39260

Actions (login required)

View Item View Item