Fauzi, Muhammad Shofyan (2021) Self-Compassion Pada Siswi yang Menerima Sistem Semi Militer Di SMK Penerbangan. [Undergraduate thesis]
PDF
KS_K_939_Abstrak.pdf Download (70kB) |
Abstract
Pendidikan di sekolah yang memiliki sistem semi militer berbeda dengan sekolah pada umumnya, pendidikan semi militer adalah suatu metode pengasuhan kedisiplinan yang bertujuan untuk memberikan wawasan kebangsaan, kejuangan, dan kebudayaan.Mekanisme self-compassion yang dilakukan oleh partisipan dapat menjadi sebuah cara bagi siswi perempuan untuk bertahan dan bahkan menemukan solusi atas permasalahan yang mereka alami sampai situasi menjadi membaik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan paradigma studi kasus. Pendekatan paradigma studi kasus dipilih karena peneliti ingin mendapatkan informasi yang mencakup suatu peristiwa, situasi, kondisi sosial, dan memberikan wawasan bagaimana dan mengapa dari pengalaman self-compassion pada siswi perempuan yang menerima sistem semi militer di SMK Penerbangan.Proses pengambilan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode wawancara, dan observasi.Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang.Partisipan merupakan siswi perempuan kelas 10,dengan masing-masing kriteria adalah sebagai siswi perempuan biasa(tanpa mengikuti organisasi pengembangan seperti PU dan OSIS)dan siswi perempuan yan gmengikuti organisasi pengembangan PU. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-compassion siswi perempuan yang menerima sistem semi militer berbeda-beda tergantung dari bagaimana pemaknaan partisipan dan mekanisme self-compassion seperti apa yang dilakukan olehpartisipan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-compassion, Siswi perempuan, Pendidikan sistem semi militer |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | KRISTINA |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 05:39 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 05:39 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39286 |
Actions (login required)
View Item |