Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat Tematik (KKN-PPM-TEMATIK) Tanggap Covid-19 : Kenali Hipotensi Dan Asam Urat

Pratiwi, Ni Luh Wiwik Putri and Halimsetiono, Elita (2020) Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat Tematik (KKN-PPM-TEMATIK) Tanggap Covid-19 : Kenali Hipotensi Dan Asam Urat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Elita_Karya Tulis Kenali Hipotensi & Asam Urat.pdf] PDF
Elita_Karya Tulis Kenali Hipotensi & Asam Urat.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini menyebabkan banyak masalah yang timbul di Indonesia. Selain maraknya pandemi Covid-19 di Indonesia, masih banyak masalah kesehatan yang masih menjadi masalah sampai saat ini dan masalah kesehatan ini juga dapat memberikan dampak pada penularan Covid-19. Karena hal ini, Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya membuat program KKN (Kuliah Kerja Nyata) agar dapat membatu permasalahan kesehatan yang sesuai dengan masalah kesehatan yang terjadi. Pada KKN ini, Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya membagi mahasiswanya menjadi beberapa kelompok dan memberikan 1 keluarga yang nantinya akan didampingi oleh 1 mahasiswa di setiap kelompok untuk menganalisis masalah kesehatan yang terjadi di keluarga tersebut dan memberikan edukasi mengenai permasalahan yang ada. Keluarga Ibu Iik terdiri dari 6 anggota keluarga, setelah dilakukan wawancara didapatkan permasalahan kesehatan dari Ibu Iik sendiri yaitu Hipotensi dan dari beberapa keluhan yang didapatkan saat melakukan wawancara dengan Ibu Iik, kemungkinan Ibu Iik menderita Asam Urat. Masalah kesehatan ini akan dijadikan prioritas masalah kesehatan di keluarga Ibu Iik dan mahasiswa akan memberikan edukasi mengenai Hipotensi dan Asam Urat. Dengan edukasi ini diharapkan keluarga Ibu Iik dapat mengerti mengenai Hipotensi dan Asam Urat serta pencegahannya agar anggota keluarga yang lain tidak mengalami masalah kesehatan yang sama. Dikarenakan wabah Covid-19 ini, maka Indonesia mengeluarkan kebijakan Sosial Distancing (pembatasan sosial) bagi warganya. Dengan adanya sosial distancing ini diharapkan penularan Covid-19 dapat berkurang dan karena hal ini, program KKN yang di selenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya ini dilakukan secara daring. KKN ini dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 8 Juni 2020 sampai 11 Juli 2020.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 07 Jun 2021 08:48
Last Modified: 03 Sep 2021 07:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39670

Actions (login required)

View Item View Item