Perlindungan Hukum bagi Endorser terhadap Penggandaan Potret tanpa Izin oleh Online Shop yang digunakan untuk Mempromosikan Produk

Nurianto, Nathania (2020) Perlindungan Hukum bagi Endorser terhadap Penggandaan Potret tanpa Izin oleh Online Shop yang digunakan untuk Mempromosikan Produk. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of PE_3767_Abstrak.pdf] PDF
PE_3767_Abstrak.pdf

Download (111kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/261450

Abstract

Pada era saat ini, dimana terjadi perkembangan teknologi yang sangat pesat maka perusahaan harus memiliki strategi yang kreatif dan inovatif dalam hal beriklan, dengan tujuan agar dapat menarik perhatian konsumen yang ada. Bentuk promosi terhadap penawaran suatu produk yang cukup gencar dilakukan pada akhir-akhir ini adalah lewat jasa endorsement di sosial media. Terdapat sebuah profesi baru yang sering disebut dengan istilah Endorsement. Endorsement merupakan salah satu bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh sosok individu terkenal. Pihak yang melakukan endorsement disebut sebagai endorser. Endorser adalah seorang yang memiliki karakter, dikenal luas oleh masyarakat, dan memiliki pengaruh atau impact yang besar kepada masyarakat untuk mempromosikan suatu produk barang dan/atau jasa. Endorser memiliki pengaruh yang kuat dalam kegiatan pemasaran suatu produk karena hal yang sering terjadi adalah konsumen rela untuk membeli suatu produk dengan harga yang cukup tinggi dikarenakan terdapat sosok endorser yang disukai. Pekerjaan endorser ini erat kaitannya dengan hak cipta karena dalam pekerjaan tersebut sering dilakukan sebuah pemotretan dan/atau pembuatan suatu video. Permasalahan muncul pada saat pihak online shop melakukan Penggandaan potret endorser dengan tanpa izin yang dimana potret tersebut digunakan sebagai iklan suatu produk dan dikomersialkan. Tindakan online shop tersebut merupakan tindakan yang melanggar hak moral dan hak ekonomi endorser sebagai Pencipta. Hal tersebut juga menyebabkan kebingungan yang dialami oleh konsumen karena satu sisi endorser tidak pernah menggunakan produk tersebut, tapi di sisi lain pihak online shop seakan-akan membuat yakin para konsumen bahwa endorser tersebut memakai produk yang dijualnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:07
Last Modified: 23 Jun 2021 03:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39746

Actions (login required)

View Item View Item