Kepemilikan Asing, Biaya Keagenan, Hutang Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia 2017-2019

Budiman, Alvin and Mahadwartha, Putu Anom (2021) Kepemilikan Asing, Biaya Keagenan, Hutang Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. Jurnal Al-Qardh. ISSN 2654 -6034 (In Press)

[thumbnail of jurnal Al-Qardh.pdf] PDF
jurnal Al-Qardh.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of LoA-Alvin Budiman.pdf] PDF
LoA-Alvin Budiman.pdf - Supplemental Material

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan asing, biaya agensi dan hutang terhadap nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepemilikan asing yang diukur dengan persentase kepemilikan asing, biaya agensi diukur dengan asset utilization, dan hutang diukur dengan debt ratio. Variabel dependen yang digunakan adalah nilai perusahaan yang diukur dengan tobin’s Q. Sampel penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Total perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2015 sampai dengan 2019 yaitu sebanyak 160 perusahaan, pada penelitian ini sample yang digunakan adalah sebanyak 109 perusahaan manufaktur yang didalamnya terdiri dari sektor barang konsumsi, sektor industri dasar dan kimia, dan sektor aneka industri. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan aplikasi eviews 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan asing berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hutang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan biaya keagenan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Asing, Biaya Keagenan, Hutang, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Alvin Budiman
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:14
Last Modified: 07 Jul 2021 07:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39783

Actions (login required)

View Item View Item