Hubungan antara Stress Akademik dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas X Angkatan 2017-2019

Romadlon, Tsaniyah Laila (2021) Hubungan antara Stress Akademik dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas X Angkatan 2017-2019. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_556_Abstrak.pdf] PDF
ED_556_Abstrak.pdf

Download (160kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/261551

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor psikis bersifat non-intelektual yang berperan untuk penumbuhan gairah, perasaan senang, dan semangat untuk belajar sehingga hasil belajar menjadi optimal. Motivasi belajar sangat penting dimiliki oleh mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa memiliki motivasi belajar yang cukup baik. Banyak faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa, salah satunya adalah stress akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara stress akademik dan motivasi belajar. Respon stress dibedakan menjadi dua macam yaitu eustress stress yang bersifat positif dan distress yang bersifat negatif. Partisipan pada penelitian ini adalah 128 mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Universitas X dari angkatan 2017, 2018, dan 2019. Data diperoleh menggunakan angket tertutup berupa skala dari motivasi belajar dan stress akademik serta pertanyaan terbuka yang menggali faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Spearman’s rho. Analisis data menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara stress akademik dan motivasi belajar, dengan r = 0.148 dan p = 0.097 (p > 0.05), sehingga hipotesis ditolak. Dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa tingkatan usia dan jenis kelamin dapat memengaruhi motivasi belajar. Saran yang bisa diberikan dari penelitian ini yaitu dosen diharapkan dapat memberikan dukungan kepada mahasiswa untuk meningkatkan motivasi belajarnya serta mahasiswa diharapkan dapat melakukan refreshing jika dirasa mulai mengalami stress akademik. Untuk peneliti selanjutnya, dapat menguji pola pikir mahasiswa sebagai faktor internal yang dapat menyebabkan stress menggunakan variabel efikasi diri sebagai variabel moderator.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Stress Akademik, Motivasi Belajar, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:53
Last Modified: 13 Aug 2021 03:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item View Item