Cahyo, Agung Nur (2021) Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Ubaya Selama Pembelajaran Daring. [Undergraduate thesis]
PDF
ED_560_Abstrak.pdf Download (77kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi setiap manusia yang ada di dunia ini. Di Negara Indonesia, pendidikan diatur dalam peraturan undang-undang yang berlaku yaitu UU Nomor 20 Tahun 2003 terkait Sistem Pendidikan Nasional. Sejak awal tahun 2020 Indonesia dilanda pandemi berupa virus yang menyebar dengan cepat dan mematikan yaitu corona virus atau biasa disebut dengan covid- 19 sehingga seluruh sistem pendidikan dilakukan dengan menggunakan sistem daring. Sistem pendidikan yang dilakukan secara daring diyakini dapat mempengaruhi hasil prestasi akademik pada mahasiswa yang diakibatkan karena adanya perubahan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling yang digunakan adalah accidental random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan tahun 2018-2019. Metode analisis yang digunakan adalah non-parametrik Kendall’s dengan hasil signifikansi sebesar 0,724 (p > 0,05) yang menunjukkan tidak adanya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar selama masa pembelajaran daring.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran daring, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 09:06 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 09:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40152 |
Actions (login required)
View Item |