Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Eigendom Verponding Terhadap Penolakan Permohonan Hak atas Tanah yang Pengukurannya ditolak oleh Penghuni (penyewa Tanpa Batas Waktu)

Liadi, William Seven (2021) Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Eigendom Verponding Terhadap Penolakan Permohonan Hak atas Tanah yang Pengukurannya ditolak oleh Penghuni (penyewa Tanpa Batas Waktu). Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MKN_608_Abstrak.pdf] PDF
MKN_608_Abstrak.pdf

Download (47kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262041

Abstract

Masalah sengketa pertanahan di Indonesia pada akhir-akhir ini semakin bertambah terutama pada hak Eigendom Verponding. Hal ini sangat terlihat dengan banyaknya kasus sengketa terhadap tanah negara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal pengukuran dan pemetaan di bidang pertanahan, banyak masyarakat yang menghuni atau menempati tanah negara sehingga menghalangi proses pengukuran dan pemetaan sebidang tanah. Penelitian ini merupakan penelitian hukum hukum normatif dengan mengkaji bahan-bahan yang berasal dari peraturan perundang-undangan dan literatur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan konseptual (conceptual approach), dan (statute approach). Hasil penelitian ini yaitu, Ketika terjadinya suatu sengketa tanah bekas Eigendom Verponding para pihak yang bersengketa harus melakukan upaya perdamaian sebagai bentuk penyelesaian sengketa tersebut demi memperoleh kepastian hukum atas tanah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hak Barat, Eigendom Verponding, Tanah Negara.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:13
Last Modified: 08 Sep 2021 04:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40222

Actions (login required)

View Item View Item