Pembuatan Flaschard Pengenalan Binatang Beserta Habitatnya Menggunakan Fitur Augmented Reality untuk Anak Balita

Putra, Gabrielle Lilian (2021) Pembuatan Flaschard Pengenalan Binatang Beserta Habitatnya Menggunakan Fitur Augmented Reality untuk Anak Balita. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_441_Abstrak.pdf] PDF
MMD_441_Abstrak.pdf

Download (322kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/263589

Abstract

Proses tumbuh kembang anak merupakan hal yang harus diperhatikan. Terutama anak balita dengan rentang usia 24-60 bulan yang merupakan masa keemasan(golden age) mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan stimulan yang mampu meningkatkan tumbuh kembang anak. Seiring bertambahnya usia anak, rasa keingintahuan anak pun muncul, dengan itu perlu diperkenalkan kepada anak tentang keadaan alam sekitarnya(binatang, tumbuhan, buah-buahan, dan benda sekitar lainnya). Dengan harapan anak dapat lebih mengenal dan dapat berinteraksi dengan aktif serta peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Biasanya anak akan belajar mengenal dunianya lewat bermain, hal ini dapat menjadi cara efektif dalam mengenal lingkungan sekitarnya seperti binatang buas sebagai salah satu contohnya. Penggunaan media yang sama secara berulang dapat membuat anak mudah bosan dan mengunjungi kebun binatang membutuhkan biaya cukup banyak dan membahayakan. Saat ini banyak aplikasi canggih yang menggunakan smartphone karena cepat dan mudah diakses, seperti magicbook, flashcard disertai dengan fitur Augmented Reality dan aplikasi sejenis lainnya yang menggunakan Augmented Reality dalam media pembelajarannya. Analisis permasalahan yang didapat yaitu flashcard saat ini kurang menarik karena hanya dalam bentuk 2D dan tidak ada penjelasan dari binatang buas, makanan, dan habitatnya. Oleh karena itu, dibuatlah flashcard sebagai media pembelajaran dalam mengenal binatang buas dan habitatnya dengan menggunakan fitur Augmented Reality yang dapat menampilkan gambar pada flashcard dalam bentuk 3D. Desain dan hasil dari flashcard, aplikasi, hingga bentuk 3D dibuat dengan visual kartun dengan warna yang dominan cerah agar sesuai dengan target audience yaitu anak balita. Berdasarkan hasil uji coba, flashcard sudah dibuat dengan baik dan aplikasi pendukungnya berjalan dengan lancar serta dapat membantu dan meningkatkan ketertarikan 11 dari 13 anak balita dalam mengenal binatang buas beserta habitatnya. Flashcard pengenalan binatang buas berserta habitatnya dengan fitur Augmented Reality dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik secara mandiri(dirumah).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: flashcard, Augmented Reality, Binatang Buas
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:45
Last Modified: 08 Feb 2022 07:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41211

Actions (login required)

View Item View Item