Saniyyah, Laila (2022) Pemasaran di Ud.fadjar dalam Mempertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19. [Undergraduate thesis]
![]() |
PDF
SP_2255_Abstrak.pdf Download (169kB) |
Abstract
Saat ini Indonesia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi paling lambat dalam lima tahun terakhir akibat adanya pandemi Covid 19. Pandemi Covid 19 bahkan terjadi pada hampir setiap sektor usaha termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM menjadi sektor usaha yang merasakan imbas negatif paling tinggi akibat pandemi Covid-19. Tercatat dari 64,19 juta UMKM di Indonesia, sebanyak 64,13 juta 99,92 diantaranya merupakan Usaha Mikro Kecil UMK yang terdampak paling seirus akibat pandemi Covid 19. UD. Fadjar Stationary merupakan salah satu UMKM di bidang alat tulis sekolah dan kantor yang terdampak akibat pandemi Covid 19. Sejak dikeluarkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai dengan tidak adanya kepastian pembelajaran tatap muka di sekolah menyebabkan penjualan UD. Fadjar Stationary menurun drastis hingga mencapai penurunan 70 sampai dengan bulan Juli 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran yang dilakukan UD. Fadjar saat pandemic Covid 19. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitiatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Fadjar dalam menghadapi pandemic melakukan beberapa perubahan teknik pemasaran untuk meningkatkan penjualan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Pemasaran Penjualan, Toko Alat Tulis, COVID-19 |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Economic |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 08:14 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 08:14 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |