Utomo, Tiffany (2022) Strategi Inovasi dan Digitalisasi dalam Pengembangan Umkm pada Masa New Normal (studi Kasus Umkm Asaco). [Undergraduate thesis]
PDF
SP_2271_Abstrak.pdf Download (68kB) |
Abstract
Pandemi covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan pola hidup masyarakat. Adanya normal yang baru membuat para pelaku UMKM harus dapat beradaptasi dan menyusun strategi yang tepat agar mampu bertahan dan terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang dapat diterapkan UMKM pada masa new normal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi pada studi kasus penelitian yaitu UMKM Asaco. Selain itu, data penelitian juga diperoleh dari studi pustaka, literatur, dan jurnal yang berkaitan dengan topik. Metode Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi digitalisasi dan inovasi merupakan strategi yang tepat bagi UMKM Asaco agar dapat berkembang pada masa new normal. Strategi digitalisasi yang dapat dilakukan UMKM Asaco yaitu Memanfaatkan media digital untuk memasarkan produk, memanfaatkan teknologi untuk melakukan pencatatan dan penjualan. Strategi inovasi yang dapat dilakukan yaitu menerapkan cara-cara pemasaran baru seperti campaign dan kolaborasi, memperbaharui kemasan, dan melakukan inovasi produk yang menonjolkan khasiat bagi tubuh.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Strategi, Inovasi, Digitalisasi) |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Economic |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 03:06 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 03:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41430 |
Actions (login required)
View Item |