Afifah, Nabila (2022) Hubungan Relasi Guru-Siswa dan Keterlibatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. [Undergraduate thesis]
PDF
KS_S_691_Abstrak.pdf Download (153kB) |
Abstract
Fenomenanya telah ditemukan jika siswa merasa tidak menikamati, hingga meninggalkan kelas. Hal tersebut dapat memengaruhi suasana dan pencapaian akademis generasi muda pada proses belajar, terlebih didunia pendidikan. Maka peran hubungan relasi guru-siswa dan keterlibatan belajar siswa pada penelitian ini dibuat. Jenis metode penelitian ini bersifat kuantitatif survei. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, berjumlah 160 siswa dari laki-laki dan perempuan jenjang kelas XII SMK “x” di Kabupaten Sidoarjo, dengan rentang usia 17-19 tahun. Pengolahan data menggunakan alat ukur terdiri angket terbuka dan tertutup melalui online, dengan uji non-parametrik yaitu uji korelasi Kendall’s tau-b. Hasil yang diperoleh r=0,460, sig 0,000 (p<0,001). Sehingga mengartikan semakin positif relasi guru-siswa akan semakin meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajarnya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | relasi guru-siswa, keterlibatan belajar, siswa SMK |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | KRISTINA |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 02:57 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 02:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41454 |
Actions (login required)
View Item |