Hubungan Relasi Guru-Siswa dan Keterlibatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas

Afifah, Nabila (2022) Hubungan Relasi Guru-Siswa dan Keterlibatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of KS_S_691_Abstrak.pdf] PDF
KS_S_691_Abstrak.pdf

Download (153kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/263997

Abstract

Fenomenanya telah ditemukan jika siswa merasa tidak menikamati, hingga meninggalkan kelas. Hal tersebut dapat memengaruhi suasana dan pencapaian akademis generasi muda pada proses belajar, terlebih didunia pendidikan. Maka peran hubungan relasi guru-siswa dan keterlibatan belajar siswa pada penelitian ini dibuat. Jenis metode penelitian ini bersifat kuantitatif survei. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, berjumlah 160 siswa dari laki-laki dan perempuan jenjang kelas XII SMK “x” di Kabupaten Sidoarjo, dengan rentang usia 17-19 tahun. Pengolahan data menggunakan alat ukur terdiri angket terbuka dan tertutup melalui online, dengan uji non-parametrik yaitu uji korelasi Kendall’s tau-b. Hasil yang diperoleh r=0,460, sig 0,000 (p<0,001). Sehingga mengartikan semakin positif relasi guru-siswa akan semakin meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajarnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: relasi guru-siswa, keterlibatan belajar, siswa SMK
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: KRISTINA
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:57
Last Modified: 04 Mar 2022 02:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41454

Actions (login required)

View Item View Item