Oentoro, Ivan Christian (2022) Hubungan Self-efficacy Akademik dan Motivasi Membaca Text Bahasa Inggris Pada Siswa SMA X. [Undergraduate thesis]
PDF
KS_ED_570_Abstrak.pdf Download (67kB) |
Abstract
Motivasi membaca teks bahasa inggris adalah hal yang diperlukan pada masa sekarang, terutama karena sekarang ini bahasa inggris adalah bahasa internasional yang diperlukan dalam pekerjaan. Siswa perlu memiliki kemampuan berbahasa inggris ini agar mempunyai lebih banyak kesempatan di masa depan mereka. Motivasi membaca teks bahasa inggris juga memiliki kaitan dengan academic self-efficacy, dimana keyakinan diri siswa mengenai kemampuan mereka akan dapat memotivasi siswa sesuai dengan tujuan motivasi mereka baik secara intrinsic maupun extrinsic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel self-efficacy akademik dan motivasi dalam membaca teks bahasa inggris. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif, dimana peneliti menyebarkan google form kepada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 100 siswa kelas 11 IPA/IPS/NSC/SSC pada salah satu SMA di Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika self-efficacy dan motivasi membaca teks bahasa inggris memiliki hubungan yang positif, dimana nilai korelasinya sebesar 0,596, dan nilai signifikansi sebesar 0,01. Hal ini menunjukkan jika academic self-efficacy merupakan salah satu variabel yang dapat membuat siswa termotivasi untuk membaca teks bahasa inggris.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-efficacy akademik, motivasi membaca teks bahasa inggris |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | KRISTINA |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 06:51 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 06:51 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41455 |
Actions (login required)
View Item |