Penerapan Segmented Reporting debagai upaya Penilaian Kinerja pada Perusahaan X

Nathania, Leilani (2022) Penerapan Segmented Reporting debagai upaya Penilaian Kinerja pada Perusahaan X. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_4954_Abstrak.pdf] PDF
AK_4954_Abstrak.pdf

Download (191kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/264240

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, persaingan antar perusahaan juga menjadi semakin ketat. Persaingan ini menuntut perusahaan untuk menjaga kelangsungan hidupnya dengan memproduksi produk dan menyediakan jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumennya, hingga mengatur strategi yang tepat dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki. Saat ini hampir seluruh badan usaha membagi bisnisnya menjadi beberapa unit yang lebih kecil yang disebut sebagai responsibility center. Setiap jenis dari responsibility center akan menentukan batas tanggung jawab dan penilaian kinerjanya sendiri yang disebut dengan responsibility accounting. Profitabilitas akan menjadi salah satu tolok ukur yang perlu diperhatikan secara khusus karena akan mempengaruhi kinerja dan prospek masa depan perusahaan. Tidak hanya profitabilitas secara menyeluruh, namun penilaian profitabilitas disetiap segmen bisnis yang dimiliki perusahaan juga sangat dibutuhkan sehingga kinerja dari masing-masing segmen dapat dinilai. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun segmented reporting yang bertujuan untuk memberikan informasi yang mendalam dan terperinci mengenai kinerja setiap segmen yang ada. Laporan ini disusun dengan tujuan untuk melihat bagaimana penerapan segmented reporting sebagai upaya penilaian kinerja pada perusahaan X, dimana perusahaan ini bergerak pada industri hiburan yang memiliki 2 segmen usaha yaitu segmen billiard dan segmen restoran (bar cafe). Data yang digunakan merupakan data perusahaan pada bulan Agustus 2021 dan September 2021. Berdasarkan hasil akhir laporan dapat diambil kesimpulan bahwa segment margin dari segmen billiard mengalami peningkatan sebesar 14,72 persen, sedangkan segmen restoran mengalami penurunan sebesar 50,78 persen. Meskipun kinerja dari kedua segmen sangat bertolak belakang, namun secara keseluruhan hasil dari segment margin menunjukkan angka yang positif yang menandakan bahwa mereka masih mampu untuk memberikan kontribusi laba yang cukup untuk menutup common cost dan meningkatkan laba bersih perusahaan secara keseluruhan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pelaporan Segmen, Akuntansi Pertanggungjawaban, Pusat Pertanggungjawaban
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 15 Mar 2022 08:11
Last Modified: 15 Mar 2022 08:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41555

Actions (login required)

View Item View Item