Nisa, Icha Fitrian (2022) Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Resiliensi Siswa pada Kondisi Gap Year. [Undergraduate thesis]
PDF
ED_584_Abstrak.pdf Download (168kB) |
Abstract
Sedikitnya kuota penerimaan mahasiswa baru dibandingkan kuantitas mahasiswa yang mengikuti seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri membuat banyaknya siswa yang harus memilih beberapa cara, salah satunya adalah mengambil gap year agar bisa mencoba ikut seleksi kembali pada tahun berikutnya. Siswa dihadapkan dengan beberapa tantangan, seperti stigma masyakarat, cara bangkit dari pengalaman kegagalan, hingga mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi di tahun berikutnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi dengan dukungan sosial pada siswa yang mengambil gap year. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan metode pengambilan sampel non-probability dengan teknik snowball sampling. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 100 siswa dalam masa gap year berusia 17-19 tahun. Alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Dalam menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan analisis korelasi Spearman. Hasil yang didapatkan menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara resiliensi dan dukungan sosial (r = 0,847 , p = 0,00 0,05). Berdasarkan penelitian ini, makan dibutuhkan dukungan sosial untuk meningkatkan resiliensi siswa pada kondisi gap year.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | resiliensi, dukungan sosial, gap year, kuantitatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 07:08 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 07:08 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42459 |
Actions (login required)
View Item |