Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kompetensi Interpersonal pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Jurusan Perhotelan SMK

Wardhani, Nanda Rizky (2022) Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kompetensi Interpersonal pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Jurusan Perhotelan SMK. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_595_Abstrak.pdf] PDF
ED_595_Abstrak.pdf

Download (327kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265595

Abstract

SMK merupakan pendidikan formal yang menuntut siswa dalam pengembangan softskill. SMK merupakan masa peralihan dari SMP ke SMK yang tentunya berbeda proses pembelajarannya. Oleh karena itu, diperlukan kompetensi interpersonal yang baik agar siswa dapat membuka diri dan diharapkan mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara efektif. Salah satu faktor yang memengaruhi kompetensi interpersonal adalah konsep diri. Dengan adanya konsep diri yang positif, maka siswa tersebut akan cepat beradaptasi dengan pembelajaran di SMK. Sebaliknya, jika dari awal siswa memandang dirinya negatif, maka siswa tersebut akan menarik diri dari lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal pada siswa kelas X Jurusan Perhotelan SMK X di Surabaya. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Self-Concept scale dan kompetensi interpersonal scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji analisis parametrik yaitu pearson correlation menunjukkan ada korelasi positif yang signifikan antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal (r = 0.22, p = 0.000) dengan sumbangan efektif sebesar 22 0/0

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: SMK, kompetensi interpersonal, konsep diri.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:55
Last Modified: 09 Sep 2022 01:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42509

Actions (login required)

View Item View Item