Fatayatulloh, Sofia Nur (2022) Hubungan Emotional Intellegence (ei) dengan Organizational Citizenship Behavior (ocb) pada Guru. [Undergraduate thesis]
PDF
UE_278_Abstrak.pdf Download (70kB) |
Abstract
Organizational citizenship behavior (OCB) memiliki peran penting bagi organisasi. Semakin majunya dan kompleksnya dunia pendidikan, peran guru tidak lagi hanya sebagai pendidik akademis saja tetapi juga sebagai pendidik karakter, moral, dan budaya bagi siswanya, selain menjadi pendidik guru juga dituntut untuk berperan optimal dan positif dalam organisasi. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan juga menjelaskan peran antara emotional intelligence (EI) terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Menggunakan total population study sebagai teknik sampling. partisipan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 140 guru. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi hipotesis Spearmans dengan nilai sig (2tailed) sebesar 0.000 (p 0.05). Hasil dari penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara emosional intelligence (EI) dengan Organizational citizenship behavior (OCB). Semakin tinggi emosional intelligence (EI) maka akan baik pula Organizational citizenship behavior (OCB), begitu sebaliknya. Guru diharapkan dapat meningkatkan Organizational citizenship behavior (OCB) dengan bersediah melakukan hal-hal positif, serta ikut berpartipasi dalam kegitan-kegiatan yang dapat menguntungkan organisasi, dan berani mengambil tanggung jawab yang lebih besar untuk memajukan diri sendiri dan organisasi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emosional intelligence (EI), Organizational citizenship behavior (OCB), Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 02:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 02:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42510 |
Actions (login required)
View Item |