Mekanisme Pemantauan Efektif Dalam Kondisi Financial Distress

Wijaya, Riesanti Edie and Hermanda, Wikko Kris (2022) Mekanisme Pemantauan Efektif Dalam Kondisi Financial Distress. Imanensi : Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam, 7 (2). pp. 53-68. ISSN 2339-1847 (print); 2684-9968 (online)

[thumbnail of Riesanti_MEKANISME PEMANTAUAN EFEKTIF DALAM KONDISI FINANCIAL DISTRESS.pdf] PDF
Riesanti_MEKANISME PEMANTAUAN EFEKTIF DALAM KONDISI FINANCIAL DISTRESS.pdf

Download (9MB)
Official URL / DOI: https://jurnal.fordebi.or.id/index.php/home/articl...

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa efektif mekanisme pemantauan bekerja dalam kondisi financial distress. Dua jenis mekanisme pemantauan dieksplorasi dalam studi yakni: tata kelola perusahaan dan mekanisme pemantauan kepemilikan. Penelitian ini menggunakan 294 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun. Studi ini menggunakan regresi logistik biner untuk menganalisis data empiris. Hasil olahan data menunjukkan bahwa hanya ukuran dewan komisaris dan diversifikasi gender yang mampu membantu perusahaan menghadapi kemerosotan ekonomi. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa teori keagenan lebih unggul dibandingkan teori ketergantungan sumber daya yang menjelaskan bahwa ukuran dewan dapat mengoptimalkan kinerja dewan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diversifikasi gender; Financial distress; Teori agensi; Teori ketergantungan sumber daya ; Ukuran dewan komisaris
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 30 Sep 2022 06:59
Last Modified: 30 Sep 2022 06:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42650

Actions (login required)

View Item View Item