Wisnu, Paskasius Kresna Putra (2022) Pembuatan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Hotel Silaris Berbasis Web. [Undergraduate thesis]
PDF
TI_2342_Abstrak.pdf Download (114kB) |
Abstract
Hotel adalah jasa penyedia kamar di dalam suatu bangunan, yang dilengkapi dengan jasa pelayanan dengan tujuan memperoleh keuntungan. Hotel SiLaris merupakan salah satu hotel yang ada di kota Kediri yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo No.409, Kediri, Jawa Timur. Hotel ini masih menggunakan kertas dan buku agenda dalam pencatatan data pemesanan dan pencatatan keuangan. Dalam proses pencatatan keuangan hotel ini juga tidak melakukan penjurnalan, sehingga dalam melakukan rekap data, hotel akan kesulitan dalam pencarian data. Serta penggunaan kertas atau buku agenda ini dapat menyebabkan kesulitan seperti kehilangan dan tersebarnya nota dan data tamu, tulisan yang sulit atau tidak bisa dibaca, pencarian data yang ada di buku agenda lain, dan kesulitan dalam menentukan keputusan. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem informasi manajemen dan akuntansi untuk membantu hotel dalam pencatatan dan pengolahan data menjadi laporan sehingga pihak hotel dapat lebih dimudahkan dalam pengambilan keputusan.Validasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 11 orang tamu dan melakukan wawancara dengan 6 orang perwakilan pihak hotel, pihak hotel akan terdiri dari 1 pemilik, 1 manajer, 1 front office, 1 bagian laundry, 1 bagian restoran, dan 1 orang bagian housekeeping. Kesimpulan dari kuesioner adalah pihak tamu merasa sistem yang dibuat membantu dalam pemesanan kamar di Hotel SiLaris serta mempermudah tamu dalam melakukan pemesanan layanan kamar setelah melakukan check-in. Kesimpulan dari wawancara adalah pihak hotel merasa sistem yang telah dibuat telah membantu dalam pencatatan data kamar dan tamu, proses check-in hingga check-out, pencatatan layanan kamar, serta pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan akuntansi. Responden dari pihak hotel juga memberikan saran untuk membuat tampilan memiliki visualisasi lebih seperti di bioskop sehingga dapat terlihat status kamar dengan perbedaan warna. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem mampu membantu pihak hotel dalam mencatat data tamu, proses check-in dan check-out, mencatat pemesanan layanan hingga mencatat dan membuat laporan akuntansi. Selain itu sistem juga membantu tamu dalam melakukan reservasi di Hotel SiLaris.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hotel, Pencatatan, Kertas, Sistem informasi manajemen dan akuntansi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 02:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 02:48 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42810 |
Actions (login required)
View Item |