Kusumo, Argo Hadi and Ronyastra, I Made and Hartono, Markus and Sofian, Andrew (2022) Analisis Penempatan Iklan dan Logo Sponsor pada Acara Olahraga dengan Teknologi Eye Tracking. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5 (4). pp. 475-488. ISSN 2614-0462 (Online)
PDF
Argo Hadi Kusumo_Analisis Penempatan Iklan dan Logo Sponsor.pdf Download (2MB) |
Abstract
Iklan dapat dipromosikan dengan menggunakan media poster dan tayangan televisi pada acara olahraga. Namun demikian, belum ada penelitian yang mengukur tingkat efektivitasnya secara khusus pada level atensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat atensi dalam penempatan iklan yang berbeda pada olahraga sepak bola dan MotoGP. Penempatan iklan pada poster dibagi menjadi dua yaitu inner dan outer area. Sedangkan penempatan iklan pada video dibagi menjadi tiga penempatan, yaitu penempatan di atas, di bawah, dan penempatan penuh. Delapan instrumen digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari delapan poster dan empat video. Indikator eye-tracking yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat atensi yang diperoleh adalah Time Viewed (CFT), Time to 1st View (TFF), dan Number of Fixation (NF). Iklan dalam poster yang ditempatkan di area aksi (inner area) mendapat tingkat perhatian yang lebih tinggi dari pada iklan yang ditempatkan di area luar. Sedangkan pada video, penempatan iklan sepakbola terbaik adalah pada penempatan iklan penuh. Namun, penempatan iklan di posisi bawah juga dapat disarankan. Penempatan iklan pada MotoGP yang mendapat perhatian lebih adalah pada iklan penuh. Namun, saat adegan diperbesar, iklan bisa ditempatkan di posisi bawah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Atensi, eye tracking, iklan, olahraga |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | ARGO HADI KUSUMO |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:33 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:13 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42920 |
Actions (login required)
View Item |