Peran Lingkungan Belajar Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Berkarir Sebagai Internal Auditor (Studi Kasus Di PTS “X” Surabaya)

Wibisono, Monica Angelina and Sugiarti, Yenny (2023) Peran Lingkungan Belajar Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Berkarir Sebagai Internal Auditor (Studi Kasus Di PTS “X” Surabaya). In: 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing (4th NCAFA), 1-2 Februari 2023, Universitas Trilogi, Jakarta, Indonesia. (Submitted)

[thumbnail of Makalah dipresentasikan pada 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing (4th NCAFA)] PDF (Makalah dipresentasikan pada 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing (4th NCAFA))
Monica Abstract 1st In & 4th NCAFA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Ada beberapa faktor yang membentuk persepsi karir dari mahasiswa, salah satunya adalah lingkungan belajar. Persepsi yang positif terhadap suatu profesi akan meningkatkan minat seseorang untuk berkarir di bidang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa untuk menjadi internal auditor serta peran lingkungan belajar dalam meningkatkan pemahaman serta minat mahasiswa akuntansi terhadap profesi internal auditor. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara pada 15 orang mahasiswa dan 3 dosen pengampu mata kuliah audit manajemen semester Genap 2021/2022, observasi kelas, dan analisis dokumen silabus perkuliahan mata kuliah audit manajemen. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di PTS “X” di Surabaya dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat oleh hasil statistik deskriptif yang datanya didapatkan melalui kuisioner yang dibagikan pada 50 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesi internal auditor masih diminati, meskipun bukan pilihan pertama berkarir di bidang akuntansi. Lingkungan belajar memiliki peran positif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap profesi internal auditor. Lingkungan belajar yang meliputi kurikulum pembelajaran, lingkungan sosial dan lingkungan secara fisik berperan membentuk minat mahasiswa untuk berkarir sebagai internal auditor

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: internal auditor, lingkungan belajar, minat mahasiswa, persepsi mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: YENNY SUGIARTI, S.E., M.Ak., QIA - 202003- 31117
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:57
Last Modified: 25 Jan 2023 07:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43177

Actions (login required)

View Item View Item