Pertanggungjawaban Pidana Korporasi yang Mempekerjakan Warga Negara Asing yang tidak Sesuai dengan Izin Visa Kunjungan

Wibowo, Jacklyn Elizabeth (2022) Pertanggungjawaban Pidana Korporasi yang Mempekerjakan Warga Negara Asing yang tidak Sesuai dengan Izin Visa Kunjungan. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MH_347_Abstrak.pdf] PDF
MH_347_Abstrak.pdf

Download (99kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266725

Abstract

Penulisan tesis ini bertujuan untuk menganalisa apakah pertanggungjawaban pidana korporasi sebagai subjek hukum yang mempekerjakan warga negara asing yang tidak sesuai dengan Izin Visa Kunjungan telah menimbulkan efek jera dan telah sesuai dengan tujuan hukum berupa teori kepastian hukum serta sanksi pidana di dalam Undang-Undang Keimigrasian dapat bertindak dan adil terhadap tindak pidana korporasi yang mempekerjakan warga negara asing di Indonesia. Karena sanksi pidana bagi pelaku korporasi di dalam Undang-Undang Keimigrasian dianggap belum memberikan kepastian hukum, maka yang bersangkutan akan dijerat dengan sanksi pidana untuk pelaku tindak pidana korporasi sehingga dapat memberikan efek jera agar tidak mempekerjakan warga negara asing yang izin visanya tidak berlaku serta tidak memeriksa identitasnya melalui Pejabat Imigrasi di negara Indonesia. Sehingga karena perbuatannya tersebut pihak korporasi dapat dikenakan 114 ayat 2 dan Pasal 120 ayat 1 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dan didukung dengan teori Strict Liability tercantum pada pasal pasal 109 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian karena telah memenuhi unsur unsur setiap pasal dan juga memenuhi unsur dari pertanggungjawaban pidana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Izin Visa Warga Negara Asing bekerja di Indonesia, Pertanggungjawaban Pidana Korporasi, Korporasi Me
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Law
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:58
Last Modified: 21 Mar 2023 06:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43613

Actions (login required)

View Item View Item