Analisis Revealed Comparative Advantage (rca) Industri Manufaktur Indonesia dalam Menyongsong Ratifikasi Regional Comprehensive Economic Partnership (rcep)

Samosir, Tondy Hatorangan (2022) Analisis Revealed Comparative Advantage (rca) Industri Manufaktur Indonesia dalam Menyongsong Ratifikasi Regional Comprehensive Economic Partnership (rcep). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_2337_Abstrak.pdf] PDF
SP_2337_Abstrak.pdf

Download (48kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266876

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keunggulan komparatif Indonesia terhadap negara-negara anggota RCEP dalam industri manufaktur, khususnya produk berbasis agro, produk karet, produk perikanan, barang dari kayu, tekstil dan produk tekstil, elektronik dan otomotif selama periode 2017-2021. Dalam penelitian ini, Revealed Comparative Advantage (RCA) digunakan untuk menganalisis daya saing produk ekspor Indonesia terhadap negara anggota RCEP. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, bersumber dari Trade Map. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada produk berbasis agro, produk dari karet, produk perikanan, barang dari kayu, elektronik dan otomotif Indonesia sebagian besar memiliki daya saing tinggi. Sebaliknya, sektor tekstil dan produk tekstil memiliki daya saing yang rendah relatif terhadap negara RCEP.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Daya Saing, Keunggulan Komparatif, RCA, Industri Manufaktur Indonesia, RCEP
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:41
Last Modified: 31 Mar 2023 03:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43705

Actions (login required)

View Item View Item