Pembuatan Buku Cerita Mengenai Cara Pelestarian Hewan Laut di Indonesia untuk Anak dengan Teknologi AR

Anggriany, Christin (2022) Pembuatan Buku Cerita Mengenai Cara Pelestarian Hewan Laut di Indonesia untuk Anak dengan Teknologi AR. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_470_Abstrak.pdf] PDF
MMD_470_Abstrak.pdf

Download (115kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267747

Abstract

Indonesia memiliki banyak kekayaan hewan laut yang beragam, namun di Indonesia ada hewan laut yang terancam punah karena ulah dari manusia seperti berburu hewan laut serta membuang sampah dan limbah ke laut. Dengan adanya hal tersebut perlu adanya tindakan penanaman karakter yang baik kepada anak-anak untuk bisa turut serta melestarikan laut. Berdasarkan survey, didapatkan informasi bahwa anak-anak kebanyakan masih belum mengetahui bahwa hewan laut terancam bahkan sudah punah yang berada di Indonesia. Anak-anak kebanyakan hanya mendapatkan edukasi dari orang tua cara untuk melestarikan laut dengan tidak membuang sampah, namun masih banyak tindakan yang dapat dilakukan anak-anak. Dengan adanya permasalahan yang telah di observasi, solusinya adalah media edukasi berupa buku yang dapat memberikan ilustrasi serta informasi terkait hewan-hewan laut yang terancam punah dan yang sudah punah serta memberikan informasi kepada anak-anak cara melestarikan laut dengan baik, dengan adanya media tersebut, diharapkan anak-anak dapat menerapkannya di lingkungan sekitar mereka. Buku cerita tersebut akan dilengkapi dengan fitur Augmented reality yang akan menarik perhatian anak dan tidak merasa bosan dalam membaca buku cerita. Cerita yang disampaikan akan memberikan pengetahuan lebih kepada anak dan bermanfaat terhadap hal sekitar serta dapat mengenal hewan yang terancam punah atau sudah punah. Maka dari itu perlu dilakukan proses validasi dan verifikasi dengan memberikan kuesioner serta mencoba produk yang telah dibuat. Dari hasil kuesioner yang telah didapatkan hasil dari kuesioner pre-test menunjukan angka yang sangat rendah terhadap pemahaman anak mengenai hewan laut dan tingkah laku yang baik, namun setelah mencoba produk yang dibuat anak-anak lebih paham untuk menjaga lingkungan sekitar dan mengetahui hewan yang terancam punah dan punah di Indonesia. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa buku menjadi media yang berhasil dalam memberikan edukasi mengenai pengenalan hewan laut yang terancam punah dan sudah punah serta tingkah laku yang baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Laut, Kelestarian Laut, Buku Cerita, Augmented Reality
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:07
Last Modified: 15 Jun 2023 07:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44304

Actions (login required)

View Item View Item