Pertanggungjawaban Pidana Korporasi terhadap Penjualan Tanah dan Rumah yang Status Hak Tanahnya belum terselesaikan (ditinjau dari Undang-undang No 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman)

Angker, William Sanjiro Henry (2022) Pertanggungjawaban Pidana Korporasi terhadap Penjualan Tanah dan Rumah yang Status Hak Tanahnya belum terselesaikan (ditinjau dari Undang-undang No 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of PI_1521_Abstrak.pdf] PDF
PI_1521_Abstrak.pdf

Download (118kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267443

Abstract

Pentingnya peranan dan status korporasi dapat memberikan dampak negatif salah satunya adalah kejahatan korporasi dibidang penyelenggaraan perumahan seperti yang dilakukan PT. JSI. Pengurus dalam hal ini MR selaku direktur utama dari PT. JSI melakukan penjualan rumah akan tetapi tanah dari rumah tersebut masih berstatus milik orang lain karena direksi utama dalam melakukan penjualan rumah belum menyelesaikan status hak atas tanah sehingga melanggar Pasal 163 jo Pasal 154 jo Pasal 137 Undang-Undang No 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan Dan Kawasan Permukiman. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif, yakni penelitian hukum ini dilakukan dikaji menggunakan bahan hukum primer yang terdiri dari peraturan perundang-undangan, yurisprudensi. Selain dikaji menggunakan bahan hukum primer, penelitian ini dilakukan juga dengan menggunakan bahan hukum sekunder yang terdiri dari doktrin-doktrin, asas-asas, tulisan-tulisan ilmiah yang dapat di temukan dalam berbagai literatur yang erat hubungannya dengan bahan hukum primer yang berkaitan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah statue approach dan conceptual approach yaitu dengan melihat regulasi-regulasi dan juga pandangan atau doktrin-doktrin yang berkembang dalam ilmu hukum.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Perumahan dan kawasan pemukiman, Pertanggungjawaban pidana korporasi, Status hak atas tanah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:32
Last Modified: 23 Jun 2023 02:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44335

Actions (login required)

View Item View Item