Putri, Putu Anjani Widhi (2022) Tinjauan Yuridis atas Informasi dan Iklan Produk Susu Kental Manis yang menyesatkan Masyarakat. [Undergraduate thesis]
PDF
AN_862_Abstrak.pdf Download (54kB) |
Abstract
Informasi suatu produk merupakan hal yang penting untuk disampaikan kepada konsumen karena informasi merupakan hak konsumen dan melalui informasi konsumen dapat mengetahui apakah produk tersebut merupakan produk yang konsumen butuhkan atau tidak. Penyampaian informasi suatu produk dapat dilakukan melalui berbagai cara salah satunya melalui media iklan. Penyampaian informasi melalui iklan terkadang sering dilebih-lebihkan dan menyebabkan masyarakat yang melihat iklan tersebut mengalami kesalahpahaman dalam memahami informasi tersebut. Seperti yang dilakukan oleh PT. United Family Food yang menyampaikan informasi penggunaan produk milkita kental manis yang tidak sesuai. BPOM telah mengatur iklan produk Susu Kental Manis untuk tidak dinarasikan atau divisualisasikan sebagai minuman pengganti susu karena Susu Kental Manis tidak baik dikonsumsi setiap hari sebagai minuman susu karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Perbuatan PT. United Family Food tersebut membuat masyarakat salah memahami kegunaan produk Milkita Kental Manis. Berdasarkan penelitian yuridis normative berserta pemberlakuan studi kepustakaan terhadap bahan-bahan hukum, diperoleh hasil bahwa dasar hukum berntuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan akibat iklan menyesatkan tersebut adalah perbuatan melawan hukum.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan produk, Susu kental manis, Informasi yang menyesatkan |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Perpustakaan UBAYA |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 06:12 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 06:12 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44377 |
Actions (login required)
View Item |