Pengembangan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder

Wibisono, Dian Erlina (2023) Pengembangan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_654_Abstrak.pdf] PDF
MPSI_654_Abstrak.pdf

Download (55kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267987

Abstract

Joint attention adalah kemampuan individu untuk berbagi perhatian dengan orang lain agar dirinya bisa melakukan pertukaran informasi sehingga mampu mempelajari kemampuan baru, salah satunya kemampuan berbahasa. Jika individu tidak memiliki kemampuan ini, maka dirinya akan mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Pada anak ASD, kemampuan ini tidak berkembang dengan optimal karena adanya perbedaan struktur otak yang dimiliki serta motivasi sehingga kemampuan ini menjadi penting untuk distimulasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, stimulasi guna mengembangkan kemampuan interaksi sosial memerlukan waktu yang lebih banyak sehingga peran orangtua sebagai pendamping utama menjadi penting untuk mampu menstimulasi kemampuan joint attention anak ASD secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang menghasilkan modul mengenai joint attention beserta cara untuk menstimulasinya. Pada penelitian ini, pivotal response training (PRT) digunakan sebagai cara untuk menstimulasi joint attention. PRT menekankan komponen motivasi anak untuk meningkatkan kemauannya mempelajari sesuatu dengan mengikuti minat anak serta memungkinkan anak memunculkan inisiatifnya dalam berkomunikasi. Partisipan dari penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak ASD berusia 2 hingga 5 tahun dengan tingkat keparahan ringan-sedang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara analisis kebutuhan yang dianalisis dengan analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis tematik terdapat tiga kategori yaitu kemampuan joint attention, stimulasi kemampuan joint attention, dan pivotal area. Kemudian modul diuji oleh para ahli dan partisipan berdasarkan segi tampilan dan kesesuaian isi modul dengan kebutuhan orangtua anak dengan ASD. Berdasarkan hasil uji ahli dan pemakaian, dapat disimpulkan bahwa modul dapat digunakan oleh orangtua untuk mengembangkan kemampuan joint attention anak dengan ASD

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: autism spectrum disorder, joint attention, pivotal response training
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:43
Last Modified: 06 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44446

Actions (login required)

View Item View Item