Peran Induksi Emosi Terhadap Pembelian Cryptocurrency Mahasiswa yang Ingin Berinvestasi

Dragono, Ivan (2023) Peran Induksi Emosi Terhadap Pembelian Cryptocurrency Mahasiswa yang Ingin Berinvestasi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1489_Abstrak.pdf] PDF
IN_1489_Abstrak.pdf

Download (100kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267995

Abstract

Salah satu bukti teknologi berkembang dengan sangat pesat adalah hadirnya investasi cryptocurrency. Pada saat melakukan investasi diperlukan pemikiran secara rasional dan analitis dalam pengambilan keputusan. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan, salah satunya adalah emosi. Ada 2 cara emosi bisa mempengaruhi pengambilan keputusan, yaitu emosi yang didapatkan saat membuat keputusan (immediate emotions) dan emosi yang didapat setelah mengambil keputusan (expected emotions). Emosi yang paling dominan yang dimiliki manusia adalah emosi bahagia dan sedih. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan peran induksi emosi terhadap pembelian cryptocurrency pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen basic randomized comparing two treatments. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 30 individu investor cryptocurrency pemula, yang terbagi menjadi dua kelompok (kelompok bahagia dan kelompok sedih). Tiap kelompok akan diberikan mood induction, yaitu dengan menonton video sesuai dengan pembagian kelompoknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada beda antara induksi emosi positif dan negatif terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency ( #438592= 0.114, p 0,05). Tidak adanya perbedaan disebabkan oleh peran system three thinking yang menghambat pengaruh emosi, sehingga membuat partisipan untuk berpikir secara rasional dalam mengambil keputusan. Selain itu, partisipan juga ingin mendapatkan utilitias tertinggi dari investasi cryptocurrency. Semakin tinggi utilitas yang didapatkan maka akan semakin bahagia individu tersebut. Bagi para investor pemula, kemampuan pengambilan keputusan menjadi penting, metakognisi yang terdapat di otak di setiap manusia berfungsi untuk mengontrol irasionalitas individu dalam mengambil keputusan. Selain itu, peran bias kognitif yang pada umumnya terjadi pada individu juga berdampak pada penentuan jumlah uang untuk investasi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kondisi Emosional, Pengambilan Keputusan Pembelian, Eksperimen, Investor Crypto Pemula
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:42
Last Modified: 07 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44450

Actions (login required)

View Item View Item